Asyiknya Belajar IPS dengan Gambar Animasi

Oleh: Titik Rahayu, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda negara-negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khusunya sekolah. Dalam kebijakan melawan Covid-19 pemerintah melarang untuk berkerumun, pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing), memakai masker dan selalu cuci tangan.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, WHO memberikan imbauan untuk menghentikan acara-acara yang dapat menyebabkan massa berkerumun. Maka dari itu, pembelajaran tatap muka yang mengumpulkan banyak peserta didik di dalam kelas ditinjau ulang pelaksanaanya.

Kegiatan belajar-mengajar harus diselenggarakan dengan skenario yang mampu mencegah berhubungan secara fisik antara mahasiswa dengan dosen maupun mahasiswa dengan mahasiswa (Firman, F., & Rahayu, S., 2020). Menurut Milman (2015) penggunaan teknologi digital dapat memungkinkan peserta didik dan guru melaksanakan proses pembelajaran walaupun mereka ditempat yang berbeda atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran daring.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh Zhang et al., (2004) menunjukkan penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merombak cara penyampaian pengetahuan dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet (Kuntarto, E. (2017).

Baca juga:   Meningkatkan Pembelajaran Sistem Gerak Manusia dengan Mengenal Rangka Tubuh Siswa

Pembelajaran IPS terpadu adalah sebagai salah satu pelajaran yang penyampaiannya lebih mudah dengan menggunakan media, dikarekan materinya yang berisi pemahaman konsep yag beragam. Oleh karena itu, strategi pembelajaran IPS yang diterapkan di SMP N 1 Andong menggunakan media gambar yang disajikan berisi dengan ilustrasi-ilustrasi gambar animasi.

Gambar yang biasa digunakan tentu yang ada hubungannya dengan pelajaran atau permasalahan yang sedang dihadapi. Guru dapat mengarahkan minat peserta didik yang sedang melihat gambar untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang timbul dalam pikirannya. Gambar harus dapat merangsang perhatian peserta didik agar dapat memahami dan mampu menciptakan argumen dari gambar yang dilihatnya, sehingga dari sebuah gambar dapat lahir ide-ide kreatif peserta didik tentang permasalahan yang dibicarakan.

Gambar animasi adalah “suatu rangkaian gambar diam dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di televisi maupun dilayar lebar. Jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak” (Nissa Fitri, 2010).

Baca juga:   Optimalisasi Model Pembelajaran PBL dengan WA

Langkah-langkah pembelajaran daring dengan menggunakan gambar animasi pada Pelajaran IPS di SMP N 1 Andong pertama adalah menyusun materi ajar dan gambar yang diperoleh dari berbagai sumber baik buku elektronik, google maupun youtube. Langkah selanjutnya guru mengupload gambar animasi yang telah disusun melalui youtube. Kemudian guru membagikan link youtube kepada peserta didik melalui WhatsApp group. Setelah peserta didik menyimak gambar animasi yang disajikan di rumah masing-masing dibuka diskusi dan tanya jawab melalui WhatsApp group.

Dengan menggunakan media gambar animasi pada pelajaran IPS di SMP N 1 Andong peserta didik menjadi terfokus mengikuti proses pembelajaran, kerja sama dan interaksi antara peserta didik dan guru dapat ditingkatkan walapun diskusi hanya dilakukan lewat sosial media. Peran aktif guru akan terbantukan dengan adanya media gambar animasi. Sehingga kemudahan dalam pembelajaran akan terlaksana. Media gambar animasi masih bisa dikembangkan menjadi media yang lebih menarik dan interaktif. (pg1/lis)

Guru IPS SMP N 1 Andong, Boyolali

Author

Populer

Lainnya