Pendekatan Scientifik Tingkatkan Hasil Belajar Soal Cerita Perbandingan

Oleh : Roch Endah Herminingtyas, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, LANDASAN yuridis tujuan nasional Indonesia yang termaktub dalam Pembukaan UUD 45 alinea empat menyebutkan, salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan tujuan nasional tersebut, peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa menjadi pioner keberhasilan dalam pendidikan. Meningkatkan mutu pendidikan menuntut kerja keras berbagai pihak, mulai dari tenaga pendidik, orangtua, siswa, masyarakat dan pemerintah. Untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas perlu dipersiapkan sejak dini. Berbagai upaya telah dilakukan sekolah dengan perbaikan mutu pembelajaran.

Menurut Syah (2010:90), belajar adalah tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu secara relatif menetap sebagai hasil pengulangan interaksi lingkungan. Sedangkan menurut Purwanto (2011:38), belajar adalah proses dalam individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk dapat perubahan perilaku.

Dari observasi terlihat bahwa hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Siswa masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita perbandingan. Nilai rata-rata diperoleh adalah 52 dari 34 siswa. Bahkan, yang mencapai KKM hanya delapan siswa. Ada beberapa penyebab di antaranya, kemampuan siswa dalam memaknai bahasa soal sangat kurang, siswa tidak hafal perkalian dan pembagian, siswa tidak dapat menentukan apa yang ditanyakan dan diketahui dalam kalimat matematika serta penyelesainnya.

Baca juga:   Belajar Pewarisan Sifat menjadi Mudah dengan Media Karmet

Kiranya perlu dirancang model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran dengan pendekatan scientific. Karar dan Yenice (2012), pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar pembelajaran secara aktif mengonstruksi konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, merumuskan hipotesa, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan.

Hosnan (2014) berpendapat pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang supaya siswa secara aktif mengonstruksikan konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Pendekatan scientific menjadikan pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan. Pendekatan ini mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berpikir sehingga mendukung aktivitas kreatif dalam berinovasi atau berkarya. Kelebihan scientific menjadikan siswa yang diberitahu menjadi siswa yang mencari tahu, guru sebagai sumber belajar menjadi belajar dari aneka macam sumber, dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multidimensi.

Baca juga:   Redesain Layanan Bimbingan dan Konseling

Adapun soal cerita perbandingan dapat diselesaikan dengan langkah sebagai berikut, a) membaca soal dengan cermat, b) memisahkan apa yang diketahui dalam soal dan apa yang ditanyakan, c) membuat model matematika dari soal, d) menyelesaikan model matematika, e) mengembalikan jawaban ke dalam konteks soal yang ditanyakan (Soedjadi, 2002:32).

Dengan diterapkannya pendekatan scientific hasil belajar siswa pada penyelesaian soal cerita perbandingan mencapai ketuntasan optimal. Pada penilaian pertama hasil belajar siswa mencapai 72,94 persen. Sedangkan pada penilaian kedua hasil belajar mencapai 82,35 persen. Ada peningkatan 10 persen. Dari penilaian di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan scientific dapat dipertimbangkan penggunaannya sebagai variasi metode alternatif dalam pembelajaran matematika soal cerita perbandingan. (ipa1/ida)

Guru SDN Tlogosari Kulon 02, Kota Semarang

Author

Populer

Lainnya