Polya Solusi Mudah Selesaikan Soal Cerita Matriks

Oleh : Sri Handayani, SPd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Soal cerita adalah salah satu bentuk soal yang menyajikan permasalahan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari dalam bentuk cerita. Soal cerita biasa digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika siswa. Soal cerita diberikan agar siswa tahu tentang kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Hingga saat ini keterampilan berpikir dan menyelesaikan soal cerita matematika masih rendah. Hal ini juga dialami siswa SMA N 1 Geyer, Grobogan. Materi soal cerita matriks masih dianggap sulit oleh siswa ini bisa dilihat dari rendahnya nilai ulangan matematika kelas XI SMA N 1 Geyer.

Matriks adalah susunan bilangan–bilangan yang diatur dalam baris dan kolom dalam bentuk persegi panjang. Untuk soal cerita matriks kita dituntut untuk mampu membawa soal tersebut kedalam bentuk matriks yaitu mampu menyusun bilangan-bilangan dari soal tersebut ke dalam baris dan kolom kemudian dicari penyelesaiannya. Materi matriks yang diperlukan untuk menyelesaikan soal cerita tersebut antara lain operasi matriks, determinan dan invers matriks.

Menurut Mairing dalam Rosita dan Agung (2019:1064), empat tahapan yang bisa dilakukan berdasarkan langkah-langkah polya dalam memecahkan sebuah permasalahan soal cerita dapat tercermin sebagai berikut: Pertama, memahami masalah. Kedua, menyusun rencana. Ketiga, melaksanakan rencana. Keempat, memeriksa kembali.

Baca juga:   IBL Sistem Imunitas dan Covid-19 via Daring

Untuk menyelesaikan soal cerita Matriks dengan benar menurut metode Polya diperlukan langkah-langkah: Pertama, membaca soal dengan teliti untuk dapat menentukan makna kata dari kata kunci di dalam soal. Kedua, menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal. Ketiga, membuat model matematika ke dalam bentuk matriks. Keempat, melakukan perhitungan. Kelima, menyimpulkan dan menulis jawaban akhir dengan tepat.

Sedangkan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal cerita menggunakan langkah-langkah matriks adalah: Pertama, menentukan apa yang diketahui. Kedua, menyusun bilangan-bilangan yang diketahui itu kedalam bentuk matriks. Ketiga, menentukan himpunan penyelesaian soal tersebut dengan invers matriks. Keempat, melakukan perhitungan dengan operasi matriks. Kelima, menyimpulkan jawaban akhir.

Apabila siswa tidak paham dengan langkah-langkah diatas maka akan terjadi kesalahan-kesalahan. Kesalahan bisa dilakukan pada setiap langkah atau pada semua langkah. Kesalahan yang dapat terjadi antara lain: Pertama. kesalahan membaca soal yaitu jika siswa tidak menemukan makna kata dari kata sulit dan istilah istilah matematika. Kedua, kesalahan memahami soal yaitu siswa tidak bisa menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal. Ketiga, kesalahan dalam transformasi soal yaitu kesalahan yang berupa siswa tidak tahu metode yang digunakan. Keempat, kesalahan keterampilan proses yaitu siswa tidak bisa membentuk kalimat matematika dan juga salah menghitung. Kelima, kesalahan penulis tidak menuliskan jawaban akhir. Yaitu siswa tidak bisa menyimpulkan jawaban akhir atau tidak menuliskan jawaban akhir yang sesuai dengan konteks soal.

Baca juga:   Belajar Menentukan Ruang Sampel aengan Kubus Berangka

Untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matriks maka dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut: Pertama, guru hendaknya memberi pemahaman konsep –konsep dasar matrik yaitu operasi matriks, determinan matriks dan invers matriks. Kedua, guru memberikan pemahaman konsep-konsep dalam melakukan operasi bilangan bulat. Ketiga, guru lebih sering memberikan soal cerita yang berbeda variasi. Mulai dari soal cerita yang sederhana sampai soal cerita yang lebih kompleks. Dan yang terakhir, guru hendaknya memberi penekanan dalam mengajar mengenai materi yang banyak mengalami kesulitan. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan soal cerita matriks menjadi lebih mudah dikerjakan dengan metode polya. (lbs1/ton)

Guru Matematika SMA N 1 Geyer Kabupaten Grobogan

Author

Populer

Lainnya