Lebih Menarik Belajar Lembaga Jasa Keuangan dengan Word Square

Oleh: Kunarsih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PADA saat pandemi covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring atau online yang sering disebut juga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Meskipun tidak dapat bertatap muka secara langsung, siswa dan guru tetap dapat berkomunikasi dengan chat, suara dan videocall melalui berbagai program aplikasi belajar jarak jauh. Agar kualitas PJJ dapat lebih baik, guru dituntut untuk menyajikan materi pembelajaran dengan metode pembelajaran yang sesuai dan tepat. Dari berbagai metode pembelajaran yang ada, salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah metode word square. Dalam metode ini, guru membagikan lembar kegiatan atau lembar kerja sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan.

Materi Lembaga Jasa Keuangan yang diajarkan untuk siswa kelas X.IPS di SMA Negeri 9 Semarang merupakan salah satu materi ekonomi yang harus dipelajari dan dipahami oleh siswa. Permasalahan yang dihadapi penulis berupa kurangnya minat dan konsentrasi siswa saat pelajaran PJJ. Selain itu, kegiatan PJJ yang telah berlangsung lama menyebabkan kejenuhan dan kebosanan siswa dalam belajar di kelas online.

Sebagai guru ekonomi, penulis menggunakan metode pembelajaran yang dirasa tepat dan efektif untuk memecahkan permasalahan tersebut. Metode pembelajaran yang penulis pilih adalah dengan metode pembelajaran word square. Alat utama pada metode ini adalah lembar kegiatan atau kerja berupa pertanyaan atau kalimat yang perlu dicari jawabannya pada susunan huruf acak pada kolom yang telah disediakan.

Baca juga:   Belajar Asik Pelaku Ekonomi dengan Teka Teki Silang

Menurut Mujiman (2007:92), model pembelajaran Word Square merupakan pengembangan model ceramah yang diperkaya. Hal ini dapat diidentifikasikan dengan pengelompokan metode ceramah yang berorientasi kepada keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan menurut Trianto (2011:23) Word Square berasal dari Word yang artinya kata dan Square yang artinya persegi. Word Square merupakan model yang menggabungkan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan jawaban pada kotak-kotak jawaban.

Menurut SK Menkeu RI N0. 792 Tahun 1990, Lembaga Keuangan adalah suatu badan yang kegiatannya bidang keuangan, melakukan penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan. Sesuai dengan namanya, lembaga jasa keuangan adalah lembaga atau badan yang berada atau bergerak di bidang menyediakan jasa keuangan, antara lain : Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Keuangan Perbankan (LKB) dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Penulis telah melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran word square pada saat PJJ melalui Microsoft Teams. Ada 4 langkah yang penulis lakukan dalam model pembelajaran Word Square tersebut sebagaimana menurut Hamzah B. Uno (2017: 130) antara lain : 1) Guru menyampaikan materi saat ini yaitu Lembaga Jasa Keuangan sesuai kompetensi yang ingin dicapai. 2) Guru membagikan lembar kegiatan berupa lembar kotak-kotak yang berisikan jawaban dan disertai dengan soal. 3) Siswa disuruh menjawab soal, kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban secara vertikal, horisontal maupun diagonal. 4) Guru memberikan point setiap jawaban dalam kotak.

Baca juga:   Museum Virtual untuk Belajar Sejarah di Masa Pandemi

Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan metode word square, penulis menyimpulkan bahwa metode word square merupakan metode yang sangat efektif karena mendorong pemahaman siswa dalam pelajaran, meningkatkan ketelitian, serta bepikir kritis dan efektif. Dengan metode word square terbukti siswa kelas X.IPS di SMA Negeri 9 Semarang dalam belajar Lembaga Jasa Keuangan menjadi lebih menarik, tidak jenuh dan tidak bosan. (lbs1/ton)

Guru Ekonomi SMA Negeri 9 Semarang

Author

Populer

Lainnya