Tingkatkan Belajar Siswa Walau di Masa Pandemi

Oleh : Wiwi Hariyah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pengertian belajar menurut Oemar Hamalik (2008 : 37) adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya. Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Susilofy : 2010).

Di masa pandemi, guru membutuhkan waktu ekstra dalam mempersiapkan pembelajaran. Kreatifitas guru sangat dibutuhkan sehingga siswa merasa senang akan lebih giat belajar walaupun pembelajarannya dengan daring tanpa bertatap muka dengan gurunya.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan cara daring lebih santai, menyenangkan, fleksibel, singkat, tepat, aman, mudah, hemat waktu dan tenaga. Selain itu PJJ yang dirasakan oleh siswa, guru dan orang tua lebih melek teknologi, siswa lebih kreatif dalam menyelesaikan tugasnya.

Tetapi banyak juga kendala yang terjadi. Seperti sinyal, kuota, adanya miskomunikasi antara maksud yang dituju oleh guru dengan yang dipahami oleh siswa dan wali muridnya.

Sebelum pembelajaran dengan daring dilaksanakan biasanya dilakukan sendiri- sendiri di rumah masing-masing. Kali ini wali murid meminta pembelajaran untuk dibuat kelompok kecil. Karena menurut wali murid biar anaknya tidak merasa bosan belajar sendiri di rumah cuma ditemani orang tua.

Setelah ada kesepakatan antara wali murid dan guru serta sekolah, maka wali murid menandatangani surat pernyataan pembelajaran dengan daring tetapi dibuat kelompok kecil. Dalam pembelajaran mapel PPKn untuk kelas 2 SD Negeri 03 Sikasur pada pembelajaran tema 5, subtema 1, KD:3.1 Mengidentifikasi hubungan antar simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam pembelajaran dengan daring siswa tidak merasa terbebani dalam mengikuti pembejarannya.

Baca juga:   Konseling Jarak Jauh Efektif dengan Pendekatan Realita

Justru semangat sekali. Ini bisa dilihat dari tugas-tugas yang diberikan guru lewat WA dan dikirim balik secara japri ke WhatsApp guru. Baik dari foto-foto maupun tugas yang harus dikirimkan lewat video dari masing-masing kelompok secara japri.

Sehingga jawaban kelompok yang satu dengan yang lain mereka tidak tahu. Setelah semua kelompok mengirimkan jawabannya, guru mengevaluasi. Untuk langkah pembelajaran dengan daring guru sudah mempersiapkan materi yang dikirim ke siswa lewat WA dengan pemutaran video pembelajaran yang guru rancang sendiri dan jadwal yang sudah ditentukan.

Siswa dibuat kelompok tiap kelompok terdiri dari 3 anak. Jam 08.00 siswa sudah siap di kelompoknya yang sudah ditunjuk untuk tempat pembelajaran. Tdak lupa siswa harus mematuhi proyokol kesehatan yaitu memperhatikan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, serta menjaga jarak).

Siswa juga seperti berangkat sekolah membawa alat-alat tulis. Setiap kelompok didampingi satu wali murid untuk memantau saat siswa mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran.

Baca juga:   Mudahnya Mempelajari Satuan Panjang dengan Media konversi

Sebelum pembelajaran dimulai tidak lupa siswa berdoa terlebih dahulu. Setelah guru mengirimkan materi lewat WA siswa harus memperhatikan video pembelajaran dari guru.

Mereka serius saat mengikuti pembelajaran berlangsung. Selesai mengikuti pembelajaran lewat video, guru memberi tugas baik tugas untuk kelompok maupun tugas mandiri dari setiap siswa.

Contoh untuk tugas individu atau mandiri setiap siswa harus hafal bunyi dari Pancasila dan lambangnya dengan suara yang lantang tanpa malu-malu melalui videonya. Di sini siswa merasa dirinya bagian dari pembelajaran itu, karena semua anak harus menjawab dengan langsung saat itu. Jadi ada interaksi antara siswa dan guru walaupun tidak bertatap muka.

Tugas mandiri selanjutnya guru memberi pertanyaan yang dijawab di buku masing-masing kemudian dikirim lewat WA secara japri. Pembelajaran berjalan dengan lancar dan baik, siswa tetap sehat. Untuk teman-teman guru bisa membuat video pembelajaran sendiri dengan mudah. Jangan sungkan untuk semua mata pelajaran karena penulis sudah mencoba. Semoga pandemi segera berlalu. (ag1/lis)

Guru SDN 03 Sikasur, Kec. Belik, Kabupaten Pemalang.

Author

Populer

Lainnya