Memahami Konsep Tekanan Zat Padat melalui Praktikum Mandiri saat PJJ

Oleh : Siti Asiyah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam upaya memutus mata rantai penularan virus korona atau Covid-19 yang sampai sekarang masih belum berakhir, imbauan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing), selalu cuci tangan dengan sabun, bahkan belajar dan bekerja juga dari rumah.

Di Indonesia khususnya dunia pendidikan masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sering disebut dengan pembelajaran daring. Di SMPN 20 Semarang sejak pertengahan Maret 2020 masih menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Dalam pembelajaran IPA ada beberapa materi yang perlu disampaikan dengan praktikum sehingga siswa lebih mudah memahami konsep materi yang sedang dipelajari. Misalkan pada materi tekanan pada zat padat yang ada di kelas VIII semester genap.

Pada materi ini bisa dilakukan dengan praktikum mandiri di rumah. Di SMP Negeri 20 Semarang materi tekanan pada zat padat pembelajaran dilakukan dengan praktikum mandiri . Meskipun masih pembelajaran jarak jauh (PJJ) metode ini tetap bisa dilaksanakan.

Praktikum adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan alat dan bahan yang terdapat pada materi yang akan dipraktikkan. Menurut KBBI, arti praktikum adalah bagian dari pengajaran yang bertujuan agar siswa mendapat kesempatan untuk menguji dan melaksanakan dalam keadaan nyata apa yang diperoleh dalam materi. Jadi praktikum mandiri adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan alat dan bahan untuk memahami materi dan dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan lembar kerja dari guru mapel.

Baca juga:   NHT Mempermudah Kenali Diri dan Orang Lain

Karena situasi yang tidak memungkinkan siswa berkelompok maka praktikum dapat dilakukan secara mandiri atau masing-masing siswa di rumah. Dengan dibantu LKS (lembar kerja siswa) yang sudah dikirimkan oleh guru lengkap dengan cara kerjanya.

Saat melakukan kegiatan praktikum tentang tekanan pada zat padat dengan gaya atau luas alas yang berbeda mereka akan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Sehingga setelah melakukan kegiatan praktikum mandiri mereka dapat menarik kesimpulan dari kegiatan yang sudah dilakukannya.

Setelah siswa melakukan praktikum secara mandiri di rumah tentang tekanan pada zat padat, siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Semarang menjadi lebih memahami dan mengerti tentang konsep tekanan pada zat padat. Siswa dapat menarik kesimpulan bahwa tekanan pada zat padat dipengaruhi oleh besar gaya (F) dan permukaan luas (A) suatu benda melalui kegiatan paktikum yang sudah dilakukan.

Agar siswa selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak bosan dengan metode yang kita terapkan selalu sama, kita sebagai guru mapel IPA di SMP khususnya, bisa tetap melaksanakan praktikum pada materi-materi yang sekiranya siswa dapat melakukan di rumah secara mandiri. Dan bahannya mudah didapatkan atau ada di sekitarnya. Alatnya bisa dimanipulasi menggunakan alat-alat rumah tangga yang mereka miliki. (pg2/lis)

Baca juga:   Meningkatkan Pemahaman Siswa dengan Model Pembelajaran Make A Match

Guru IPA SMPN 20 Semarang

Author

Populer

Lainnya