NHT Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS

Oleh: Sri Wahyuni, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dunia pendidikan semakin berkembang. Kita tidak lagi bisa meminta siswa duduk manis, melipat tangan di atas meja, serta mendengarkan ceramah dari guru di depan kelas. Guru pun tidak bisa lagi menggunakan cara-cara konvensional jika menginginkan motivasi serta prestasi siswa meningkat. Apalagi dalam pelajaran IPS, materinya cenderung berisi tentang sejarah.

Seperti yang terjadi di SDN 2 Patukangan Kendal kelas V semester genap tahun pelajaran 2019/2020 pada materi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. Siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang kemudian mengakibatkan rendahnya prestasi siswa. Menurut Rusman (2012: 133) model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya para guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikannya.

Berdasarkan pendapat di atas maka penulis menyimpulkan bahwa pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat membantu dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan guru dalam pembelajarannya. Untuk memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal, penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 2 Patukangan Kendal khususnya materi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.

Baca juga:   Serunya Belajar Iman kepada Malaikat Allah dengan Metode TGT

Dengan menggunakan model pembelajaran NHT maka pembelajaran akan menarik, perhatian siswa akan terpusat dan interaksi belajar dalam kelas akan terbangun. Penggunaan model pembelajaran NHT juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS, karena adanya model pembelajaran inovatif dapat merangsang pemikiran siswa sehingga siswa dapat bertanya ataupun menjawab pertanyaan baik dari guru maupun siswa lain. Penggunaan model pembelajaran NHT dapat juga membangun budaya berpikir kritis, sikap tanggung jawab terhadap tugas, sikap teliti, jujur, saling menghargai dan toleransi dalam pembelajaran.

Teknik belajar mengajar Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992). Tehnik ini memberikan kesempatan pada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, tehnik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka. Teknik ini bisa digunakan untuk semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik.

NHT adalah metode belajar dengan cara setiap siswa diberi nomor dan dibuat suatu kelompok, kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan model NHT menurut Hamdani (2011: 89): 1) Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor. 2) Guru memberikan tugas dan tiap-tiap kelompok disuruh untuk mengerjakannya. 3) Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan bahwa setiap anggota kelompok dapat mengerjakannya. 4) Guru memanggil salah satu siswa dari siswa yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka. 5) Siswa lain diminta untuk memberi tanggapan, kemudian guru menunjuk nomor lain. 6) Kesimpulan.

Baca juga:   Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis CTL

Dengan penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS materi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Patukangan Kendal semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Selain itu, dengan penggunaan model pembelajaran NHT, pembelajaran IPS menjadi suatu pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga pemahaman siswa terhadap materi pelajaran lebih baik. (pg2/ton)

Guru SD Negeri 2 Patukangan, Kec. Kendal, Kab. Kendal

Author

Populer

Lainnya