Apa Kabar Pendidikan Karakter Jurusan Akuntansi di Masa Pandemi?

Oleh : Puji Kusumastuti,SE

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI sudah berlangsung satu tahun dan hingga kini masih berlangsung, entah kapan akan berakhir. Menurut Hongyue dan Rajib (Ginting : 2020), dampak pandemik terhadap perekonomian, sosial, keamanan, serta politik akan mempengaruhi kondisi psikologis dan perubahan perilaku yang sifatnya lebih luas dalam jangka waktu yang lebih panjang. Perubahan perilaku tersebut mencakup perilaku hidup sehat, perilaku menggunakan teknologi, perilaku dalam pendidikan, perilaku menggunakan media sosial, perilaku konsumtif, perilaku kerja, dan perilaku sosial keagamaan.

Dalam bidang pendidikan, beredarnya SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19, menjadikan pembelajaran dari rumah sebagai satu-satunya jalan agar proses pembelajaran di sekolah tetap berjalan,sesuai dengan tujuan SE tersebut yaitu tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

Banyak keluhan orang tua terkait hal ini. Tidak jarang kita temui, saat di perjalanan, anak-anak usia sekolah bergerombol bersama teman-temannya, entah apa yang mereka kerjakan. Pada saat mereka seharusnya dalam pantauan dan bimbingan orang dewasa, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan,tidak dapat bertemu dengan guru di ruang kelas, orang tua yang harus bekerja mencari nafkah, menyebabkan mereka mencari kesibukan yang keliru, walaupun tidak jarang juga diantara para peserta didik yang dapat secara mandiri mengikuti BDR dengan penuh rasa tanggung jawab.
Di masa pandemi, orang tua seharusnya memberikan porsi lebih dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada putra putrinya. Karena sebagian besar waktu mereka saat ini adalah berada di rumah. Terutama yang harus ditekankan adalah bagaimana menumbuhkan keimanan kepada anak, sehingga ini akan menjadi kontrol dimana dan dalam keadaan bagaimanapun. Dan hal yang paling mendasar adalah diperlukannya keteladanan di dalam rumah, karena pada dasarnya, perilaku seseorang itu akan terbawa oleh lingkungannya.

Baca juga:   Optimalisasi Pembelajaran Matematika Daring melalui Channel YouTube Guru

Bagaimana dengan peran guru? Masihkah diperlukan? Sebagian besar orang tua pasti berpendapat bahwa mereka tidak akan bisa melakukan tanpa dukungan dari dunia pendidikan, dalam ini guru. Dalam BDR pun, guru tetap bisa berperan dalam pembentukan karakter peserta didik. Di tingkat pendidikan menengah kejuruan, terutama jurusan Akuntansi, guru dapat memberikan pembelajaran karakter ini dengan berbagai cara. Bisa memberikan tugas kepada siswa untuk memberikan contoh-contoh transaksi riil dengan mewawancarai dunia usaha yang ada di sekitarnya, untuk akuntansi desa, peserta didik diminta meminta informasi tentang keefektifan penggunaan aplikasi siskeudes dalam pengelolaan keuangan desa. Hal ini bisa membentuk karakter kepedulian, interaksi sosial yang baik dengan lingkungan. Dalam pelajaran produk kreatif kewirausahaan, guru mengajarkan kepada siswa bagaimana untuk gigih dan ulet dalam menjalankan usaha, dengan mengaktifkan iklan produk secara online, sabar dalam melayani pelanggan, dan banyak karakter kewirausahaan lainnya. Kegiatan siswa yang dilaporkan secara berkala dan terpantau oleh guru secara online, diharapkan dapat membentuk karakter siswa sesuai yang diharapkan.

Baca juga:   Model Blended Learning Tingkatkan Pembelajaran PPKn Peserta Didik

Jadi, tidak perlu khawatir dengan pendidikan karakter, tetap diperlukan kerja sama antara orang tua dan guru selama masa pandemi ini, sehingga tujuan pendidikan, terutama dalam hal pembentukan karakter peserta didik dapat tercapai. Seperti yang diterapkan di SMKN 1 Demak. (kb4/zal)

Guru Akuntansi SMKN 1 Demak

Author

Populer

Lainnya