Komunikasi Efektif Masa Pandemi

Oleh : Drs. Trikora Irianto, M.Si.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam lembaga pendidikan harus mampu komunikasi secara efektif. Komunikasi efektif agar mampu mempengaruhi stakeholders bekerja sama satu tim untuk mencapai visi sekolah.

Pelaksanaan fungsi kepemimpinan dalam masa pandemi, kepala sekolah harus paham tentang pendelegasian sebagai tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi tanpa mengabaikan aspek budaya. Perlu adanya komunikasi yang berkualitas dengan sikap antusias dalam menyampaikan pesan sehingga permasalahan tidak berkembang.

Kemampuan komunikasi merupakan faktor penentu kesuksesan kepala sekolah untuk menyakinkan pihak lain. Inilah pentingnya informasi yang disampaikan sangat urgen untuk diketahui warga sekolah. Kemampuan komunikasi kepala sekolah diperlukan dalam mempertahankan mutu pendidikan. Penyampaian ide dan gagasan suatu rapat, breifing, dan bentuk lainnya perlu disampaikan secara efektif. Efektivitas berkomunikasi kepala sekolah menentukan kepercayaan warga sekolah pada pimpinan.

Kemampuan kepala sekolah dalam menyampaikan informasi secara efektif sangat penting dalam masa pandemi. Adanya ketergantungan antara kepala sekolah sebagai pimpinan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan yang membantu penyelesaian tugas pada masa pandemi. Faktor penting dalam berkomunikasi tidak sekadar yang ditulis maupun yang dikatakan, tetapi lebih pada karakter pimpinan dalam menyampaikan pesan kepada pihak lain.

Baca juga:   Manfaat Belajar Pengembangan Ornamentasi Vokal dalam Menyanyikan Harmoni Paduan Suara

Mengingat masa pandemi pendidikan tidak bisa berjalan secara normal. Banyak berbagai hambatan komunikasi perlu disikapi kepala sekolah beserta jajarannya. Syarat utama komunikasi yang efektif merupakan karakter kepala sekolah dalam memimpin sekolah. Kepala sekolah untuk bisa memetakan informasi urgen yang harus segera diselesaikan dan perlu mendapat tindakan yang cepat.

Ada beberapa prinsip agar komunikasi kepala sekolah dapat berjalan dengan efektif. Berpikir dan berbicara secara jelas dalam menyampaikan informasi kepada jajarannya. Kejelasan informasi menyebabkan pesan dan tujuan yang diharapkan kepala sekolah sesuai sehingga tidak salah tafsir.

Berkomunikasilah apabila dianggap penting. Adanya pembatasan kegiatan perlu dikondisikan agar dalam berkomunikasi hal penting saja. Penekanan pada pesan penting dengan membatasi aktivitas yang kurang penting agar imun terjaga dalam melaksanakan organisasi.

Ada tujuan berkomunikasi secara jelas sehingga yang diajak bicara memahami maksud yang diinginkan. Dengan tujuan jelas maka tidak terjadi miskomunikasi antara komunikator dengan komunikan.

Pelajari masalah yang akan dikomunikasikan. Masalah perlu dipahami sebelum disampaikan. Harapan penyampaian pesan perlu dan akan berdampak terjadi perubahan. Maka pesan segeralah disampaikan menggunakan media yang efektif.

Baca juga:   Pembiasaan Siswa Bentuk Akhlak Mulia

Usahakan menyampaikan pesan dan menerapkan secara konsisten. Penyampai pesan bertanggung jawab terhadap isi. Pesan tidak berubah-ubah sehingga tidak menimbulkan kebingungan penerima pesan.

Dalam penyampaian pesan sebisa mungkin mendapat empati dari pendengar. Apabila penerima pesan merasa empati maka isi pesan akan diterima dengan baik. Berarti komunikan berhasil maka tujuan yang ingin disampaikan tercapai.

Usahakan menjaga kontak mata dengan pendengar. Pendengar merasa dihargai apabila ketika diajak bicara saling menatap. Usahakan komunikasi direncanakan dengan matang. Apabila komunikasi sudah disiapkan mata target tujuan akan tercapai.

Komunikasi akan efektif di masa pandemi apabila kepala sekolah sebagai pimpinan lembaga pendidikan mampu berkomunikasi secara efektif. Kepala sekolah mampu menggerakkan warga sekolah menggunakan prinsip komunikasi yang efektif. Prinsip komunikasi yang efektif meliputi berpikir dan berbicara dengan jelas, ada pesan penting, dengan tujuan jelas, menguasai masalah, paham proses komunikasi, empati berkomunikasi, jaga kontak mata, dan harus ada perencanaan yang jelas. (lbs2/ton)

Kepala SMP Negeri 1 Peandon

Author

Populer

Lainnya