Pembentukkan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam

Oleh : Indah Tri Nursanti S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, AKHLAK atau karakter dalam Islam adalah sasaran utama dalam pendidikan, Hal ini dapat dilihat dari beberapa hadist nabi yang menjelaskan tentang keutamaan pendidikan akhlak salah satunya hadist berikut ini, “Ajarilah anak anakmu kebaikan dan didiklah mereka“.Konsep pendidikan di dalam Islam memandang bahwa manusia dilahirkan dengan membawa potensi lahiriyah yaitu potensi berbuat baik pada alam. Potensi berbuat kerusakan terhadap alam. Potensi ketuhanan yang memiliki fungsi fungsi non fisik. Ketiga potensi tersebut kemudian diserahkan kembali perkembangannya kepada manusia.

Hal ini menggambarkan bahwa akhlak merupakan pilar utama dari tujuan pendidikan di dalam Islam. Hal ini senada dengan latar belakang perlunya diterapkan pendidikan karakter sekolah, untuk menciptakan bangsa yang besar, bermartabat dan disegani oleh dunia, maka dibutuhkan good society yang dimulai dari pembangunan karakter. Pembangunan karakter atau akhlak tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui proses pendidikan di sekolah dengan mengimplementasikan penanaman nilai-nilai akhlak dalam setiap materi pelajaran. Hal itu juga dilakukan penulis di SD Negeri Mlatiharjo 1,Gajah, Demak.

Pendidikan merupakan agen perubahan yang signifikan dalam pembentukkan karakter anak, dan pendidikan agama islam menjadi bagian yang penting dalam proses tersebut, tetapi yang menjadi persoalan selam ini adalah pendidikan agama islam hanya di ajarkan sebagai sebuah pengetahuan tanpa adanya pengaplikasian dalam kehidupan sehari hari, sehinggafungsi pendidikan agama Islam sebagai salah satu pembentukkan akhlak mulia bagi siswa tidak tercapai dengan baik

Baca juga:   Mind Mapping Solusi Pembelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19

Munculnya paradigma bahwa PAI bukanlah salah satu materi yang menjadi standar kelulusan. Bagi siswa ikut berpengaruh terhadap ke dalaman pembelajarannya. Hal ini menyebabkan PAI di anggap materi yang tidak penting dan hanya menjadi pelengkap pembelajaran saja, dan bahkan pembelajaran PAI hanya dilakukan dalam kelas saja.

Pola pembelajaran tehadap materi PAI di atas sudah saatnya diubah. Guru yang menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah pembelajaran harus menyadari bahwa tanggung jawabnya terhadap keberhasilan pembelajaran PAI tidak hanya pada tataran kognitif saja. Di sinilah dibutuhkan kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran, memotivasi dan memfasilitasi, menciptakan lingkungan sekolah yang religius dan tidak terbatas oleh jam pelajaran saja.

Tujuan utama dari pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari hari, maka pembelajaran PAI tidak hanya menjadi tanggung jawab guru PAI seorang diri, tetapi dibutuhkan dukungan dari seluruh komunitas di sekolah, masyarakat dan lebih penting lagi adalah orang tua. Sekolah harus mampu mengkoordinasi serta mengkomunikasikan pola pembelajaran terhadap beberapa pihak untuk mendukung dan menjaga demi terbentuknya siswa berakhlak dan berbudi pekerti luhur.

Baca juga:   Transformasi Media Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi

Penanaman karakter pada anak sejak dini berarti ikut mempersiapkan generasi bangsa yang berkarakter, mereka adalah calon generasi bangsa yang diharapkan mampu memimpin bangsa dan menjadikan negara yang berperadaban, menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa dengan akhlak dan budi pekerti yang baik serta menjadi generasi yang berilmu pengetahuan tinggi dan menghiasi dirinya dengan iman dan taqwa. Oleh karena itu, pembelajaran pendidikan Agama Islam di sekolah sebagai salah satu upaya pembentukkan karakter siswa sangatlah penting. Pembentukkan karakter anak akan lebih baik jika muncul dari kesadaran keberagaman, bukan hanya karena sekadar berdasarkan perilaku yang membudaya dalam masyarakat. Indikator keberhasilan pendidikan karakter adalah jika seseorang telah mengetahui sesuatu yang baik, kemudian mencintai yang baik, dan selanjutnya melakukan yang baik. (pg2/zal)

Guru PAI dan BP SD Negeri Mlatiharjo 1, Gajah, Demak

Author

Populer

Lainnya