Live Streaming YouTube Tingkatkan Minat Belajar Cuaca di Masa Pandemi

Oleh : Siti Aminah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi menjadikan keadaan dunia pendidikan semakin memprihatinkan. Sekolah tutup karena harus turut serta menyukseskan kebijakan pemerintah untuk memutus klaster penyebaran Covid-19.

Sedangkan kegiatan sektor ekonomi lainnya seperti pasar, kafe, mal, supermarket perlahan-lahan dibuka kembali. Sebagai insan pendidikan yang baik senantiasa kita harus percaya pemerintah mempunyai alasan yang pasti akan menjadikan semuanya lebih baik.

Sehubungan dengan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi yang tidak memungkinkan untuk tatap muka, pendidik hanya memberikan tugas-tugas tanpa bisa menjelaskan materi secara maksimal. Sehingga hal tersebut menjadikan peserta didik kurang maksimal dalam memahami materi.

Apabila dibiarkan terus menerus akan membuat suasana menjadi membosankan sehingga berdampak menurunnya minat belajar peserta didik dan target kurikulum tidak akan tercapai.

Pendidik tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Dan secara naluriah akan merasa termotivasi untuk kreatif dengan memunculkan berbagai ide atau gagasan dalam memilih sistem pembelajaran salah satunya melalui media live streaming di media sosial YouTube.

Live streaming adalah pengiriman konten internet secara realtime seperti halnya siaran langsung televisi yang menyiarkan konten gelombang udara melalui sinyal televisi. Dalam arti yang lain live streaming adalah proses pengiriman konten audio atau video melalui internet dalam bentuk yang sudah terkompres dan dimainkan langsung tanpa pengunduhan.

Baca juga:   Penilaian Harian Mengasyikkan Layaknya Sebuah Game

Dapat disimpulkan berdasarkan definisi di atas live streaming di media sosial YouTube adalah proses transfer data dari satu pengguna ke pengguna lain dengan tidak melakukan pengunduhan dan secara langsung ditampilkan di media sosial YouTube.

Sehubungan dengan pembelajaran Tema 5 Cuaca di kelas III SD Negeri 1 Manggungsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal yang notabene kelas rendah membutuhkan pembelajaran yang konkret. Pembelajaran melalui live streaming di media sosial YouTube sangat tepat.

Dalam kegiatan belajar mengajar tersebut peserta didik secara langsung dapat melihat dan menyaksikan pendidik menjelaskan dan memperagakan alat peraga satu per satu cuaca cerah, mendung, hujan, dan berawan. Dengan begitu minat belajar peserta didik menjadi lebih tinggi untuk belajar lebih giat dari sebelumnya. Karena pengalaman tersebut memberikan pemahaman lebih sehingga meningkatkan daya serap dari pembelajaran sebelumnya. Peningkatan signifikan minat belajar tersebut diindikasikan dengan suasana belajar yang sangat menyenangkan dan meningkatknya nilai ulangan.

Pembelajaran materi Tema 5 Cuaca di kelas III SD Negeri 1 Manggungsari, Kecamatan Weleri, melalui media live streaming di media sosial Youtube di masa pandemi seperti sekarang ini sangat tepat untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Karena selain efektif, merupakan sesuatu yang baru sehingga sangat menyenangkan dan dapat menghilangkan rasa bosan.

Baca juga:   Interferensi dalam Bahasa Indonesia

Selain itu juga akan mengurangi anak-anak berkerumun. Sehingga dapat mencegah terciptanya klaster baru penularan Covid-19 dengan tetap terlaksananya kegiatan pembelajaran cuaca sehingga target kurikulum tetap akan tercapai. (ag1/lis)

Guru SDN 1 Manggungsari, Kec. Weleri, Kabupaten Kendal.

Author

Populer

Lainnya