Pembelajaran E-Learning Quizizz dalam Analisis Bahasa Teks Esai

Oleh: Wiwin Widiyastuti, M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran yang dilaksanakan pendidik saat ini mengutamakan pembelajaran berbasis e-learning. Keterbatasan kegiatan tatap muka karena pandemi Covid-19 menjadi latar belakang utamanya. Penggunaan mediapun perlu dipilih yang menarik bagi peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah aplikasi quizizz.

Media dengan teknik kuis tersebut dapat digunakan dalam pelajaran bahasa Indonesia. Salah satu penerapannya untuk pembelajaran kompetensi dasar mengevaluasi analisis unsur kebahasaan teks esai. Dengan media tersebut hasil belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Karanganyar, Demak meningkat.

Evaluasi berupa kuis merupakan teknik penilaian yang disukai peserta didik. Beberapa alasannya adalah jenis pertanyaan berupa pertanyaan singkat atau rumpang, bentuk pertanyaan biasanya berupa pilihan ganda, dan dapat diselesaikan secara cepat. Berdasarkan alasan-alasan itulah peserta didik antusias mengikuti pembelajaran kompetensi dasar mengevaluasi analisis unsur bahasa teks esai dengan media quizizz.

Quizizz merupakan sebuah aplikasi yang berupa permainan kuis interaktif dengan 4 pilihan jawaban. Secara otomatis aplikasi akan mengoreksi jawaban peserta didik sesuai dengan kunci jawaban yang telah diatur oleh pendidik. Selain itu, tampilan kuis juga lebih menarik karena dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan atau ilustrasi gambar sebagai pertanyaan atau jawaban.

Baca juga:   Belajar Logika Matematika Tingkatkan Nilai Pendidikan Karakter

Semangat peserta didik dapat tertantang karena terdapat tampilan skor di tiap nomornya dengan batasan waktu yang ditentukan pendidik. Terdapat persaingan antarpeserta didik karena aplikasi secara langsung membuat ranking peserta yang mengikutinya. Suasana menyenangkan menyertai pengerjaan kuis karena terdapat suara musik dan gambar atau meme yang lucu antartampilan.

Gambar tertentu sebagai hadiah juga muncul jika peserta didik dapat menjawab benar beberapa nomor secara beruntun. Kelebihan tersebut sesuai dengan prinsip game edukasi yang terdiri dari bunyi, grafik, video, dan animasi sehingga menjadikan peserta didik mampu menyimpan dan mengumpulkan materi dalam memori yang diberikan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada menggunakan metode edukasi konvensional (Vitianingsih, 2016).

Sementara itu, kelebihan quizizz dalam pembelajaran klasikal adalah penerapan prinsip kejujuran di dalamnya. Peserta didik tidak dapat mencontek pekerjaan teman karena soal yang diberikan kepada peserta didik satu dengan yang lainnya telah diacak oleh sistem.

Demikian juga dengan pilihan jawaban juga diacak. Soal dapat dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat peserta didik memiliki sedikit kesempatan untuk bertanya kepada orang lain, mencari informasi melalui internet atau melihat buku catatan. Setelah mengerjakan kuis, peserta didik dapat mengetahui rangking yang didapat dari keseluruhan peserta didik yang mengerjakan soal tersebut.
Selain kelebihan-kelebihan tersebut, terdapat keuntungan quizizz bagi pendidik yaitu mengetahui peringkat secara otomatis, mengetahui analisis butir soal yang dapat diunduh dalam bentuk file excel. Dan mengetahui persentase ketepatan peserta didik dalam menjawab. Selain itu, juga mengetahui laporan skor secara rinci meliputi jumlah skor, jumlah jawaban benar dan salah, serta persentase pencapaian kuis untuk seluruh peserta didik. Dan jika memungkinkan hasil kuis dibagikan kepada orang tua/wali.

Baca juga:   PBL Mudahkan Menulis Teks Diskusi

Berdasarkan paparan tentang pemanfaatan aplikasi quizizz, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi (gawai) menjadikan peserta didik termotivasi untuk menjawab kuis dalam menganalisis unsur bahasa teks esai. Beberapa kelebihan aplikasi kuis tersebut adalah otomatisasi dalam posisi pertanyaan dan jawaban sehingga mengurangi kesempatan peserta didik untuk mencontek, terdapat pengaturan skor dan batas waktu di tiap nomor soal, dan persentase ketepatan peserta didik dalam menjawab.

Terdapat pula kelebihan yang diperoleh pendidik antara lain mengetahui peringkat peserta didik secara otomatis, analisis butir soal, dan laporan skor secara rinci. (kb4/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Karanganyar, Demak

Author

Populer

Lainnya