Efektivitas Berbagi Video pada Microsoft Office Team 365 dalam Pembelajaran Kritik dan Esai

Oleh : Eny Junyanti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kritik dan esai yaitu materi bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di kelas XII SMA semester genap. Menurut hasil observasi pembelajaran di kelas XIl MIPA 2 SMAN 1 Karanganyar, Demak masih belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari rendahnya tingkat ketuntasan peserta didik saat ulangan harian pada materi menulis kritik dan esai.

Menurut guru mata pelajaran bahasa Indonesia, rendahnya pencapaian materi menulis kritik dan esai tersebut salah satunya disebabkan metode belajar yang hanya mempercontohkan teks kritik dan esai. Metode tersebut menyebabkan peserta didik menjadi bosan, tidak antusias dan kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga perlu upaya peningkatan keaktifan belajar peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19 menuntut setiap guru untuk kreatif dalam memilih dan menyusun strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Pemilihan strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di SMAN 1 Karanganyar, Demak diselenggarakan melalui kelas virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Team 365.

Pembelajaran jarak jauh dengan Microsoft Office Team 365 menuntut guru untuk memilih media yang dapat mendorong keaktifan peserta didik. Media pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas virtual yaitu media video.

Baca juga:   Asyiknya Membuat Teks Pidato Persuasif melalui YouTube

Kegiatan berbagi video merupakan suatu kegiatan yang peserta didik diminta untuk mencari video atau apapun tentang materi kritik dan esai. Peserta didik diminta mencari referensi lain kemudian diposting di saluran kelas, sehingga peserta didik lain bisa mengakses. Ada kegiatan saling berbagi dan didiskusikan di dalam saluran kelas tersebut.

Kegiatan berbagi video melibatkan partisipasi peserta didik aktif sejak kegiatan pembelajaran belum dimulai. Peserta didik diajak untuk turut serta dalam proses pencarian referensi pembelajaran berupa kritik dan esai. Dengan ini peserta didik akan merasakan pengalaman serunya mencari bahan pembelajaran yang akan dibagikan pada saluran kelas mereka. Setelah saling berbagi video, setiap peserta didik dapat mengakses video tersebut, kemudian mendiskusikannya secara intensif. Dengan kegiatan ini akan meningkatkan aktifitas peserta didik sehingga suasana belajar lebih menyenangkan dan hasil belajar dapat dimaksimalkan.

Kelebihan penggunaan aplikasi Microsoft Office Team 365 antara lain yaitu bahwa fitur Office 365 selalu up to date. Dengan kata lain, fitur-fiturnya akan diperbarui secara otomatis tanpa membayar biaya tambahan. Selain mendapatkan semua fitur Office 365, kita juga bisa menyimpan hasil kerja di cloud storage OneDrive 1TB. Bahkan free call Skype selama 60 menit per bulan. Karena mendapat bonus 1TB cloud storage, kita bisa menyimpan data kapan saja dan dari mana saja dengan lebih simpel tanpa harus membawa flashdisk. Lengkapnya lagi, Office 365 tidak hanya dapat diakses pada 1 PC saja, melainkan banyak perangkat lainnya. Karena kita bisa menginstal Office 365 di laptop macOS, laptop Windows, tablet, dan smartphone. Begitu juga mendapatkan dukungan penuh dari Office 365 baik melalui chat, email, maupun telepon.

Baca juga:   Praktikum untuk Lestarikan Budaya Pernikahan Adat Jawa

Sedangkan kekurangan aplikasi Microsoft Office Team 365 yaitu karena fiturnya lengkap. Jadi kita harus berlangganan dengan mengeluarkan sejumlah biaya sesuai ketentuan pihak Microsoft. Bisa bulanan, atau tahunan yang tentu harganya mahal. Untuk menerima update dari Office 365, tentunya kita harus terhubung melalui jaringan internet. Meskipun kita telah membayar biaya langganan.
Di luar kelebihan dan kekurangan di atas, peserta didik ternyata dapat belajar secara maksimal dari pengalaman mereka. Pembelajaran aktif salah satunya ditandai dengan peserta didik belajar dari pengalamannya.

Melalui kegiatan berbagi video berbasis aplikasi Microsoft Office Team 365 ini dinilai sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran kritik dan esai di masa pandemi seperti yang sudah dilaksanakan di kelas XIl MIPA 2 SMAN 1 Karanganyar Demak. (kb/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Karanganyar, Demak

Author

Populer

Lainnya