Metode Picture and Picture Permudah Pembelajaran Daur Hidup

Oleh : Ita Ridoarsih, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Materi daur hidup hewan adalah materi yang memerlukan pengelolaan yang baik dalam penyajiannya, sebab materi ini menyangkut tentang perubahan yang dialami makhluk hidup selama hidupnya. Pada materi ini akan belajar tentang daur hidup pada hewa, misalnya, perubahan yang dialami ayam dan kupu-kupu dari telur sampai akhir hidupnya. Daur hidup hewan yang objeknya sulit diadakan secara langsung dihadapan siswa tanpa ada penjelasan guru melalui media, siswa akan kesulitan menggambarkan daur hidup pada hewan. Akibatnya metode ceramah yang dilakukan oleh guru akan membosankan sehingga siswa kurang memahami materi pembelajaran.

Materi tentang daur hidup hewan maka proses belajar selayaknya menggunakan alat peraga yang represtantif sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran IPA di SDN 06 Mulyoharjo yang memiliki KKM 75. Namun dari hasil evaluasi dan analisis hasil belajar siswa masih banyak siswa yang memperoleh hasil di bawah KKM. Dari keseluruhan 27 siswa, yang tuntas dalam pembelajaran hanya 7 siswa atau 26% dan yang belum tuntas 20 siswa atau 74%.

Baca juga:   Mudahnya Pengerjaan Soal Matematika melalui Permainan Kartu Soal

Banyaknya siswa yang tidak tuntas KKM disebabkan oleh kelemahan guru dalam memilih metode-metode pembelajaran yang sesuai dan dapat menarik perhatian siswa. Selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan akibatnya hasil belajar siswa sangat rendah. Ahmadi dan Prasetya (2005:52) mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Metode pembelajaran mencakup kegiatan mulai dari pengorganisasian materi pembelajaran, pemilihan cara penyampaian termasuk media pembelajaran dan kegiatan pengelolaan proses pembelajaran siswa. Metode pembelajaran yang dipilih harus disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik materi pelajaran yang diajarkan. Agar siswa lebih mudah memahami materi Daur Hidup maka digunakan metode picture and picture.

Menurut Agus Suprijono (2009:110) Metode picture and picture adalah metode belajar yang menggunakan gambar dipasangkan atau diurutkan menjadi ururtan yang logis. Metode pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran.sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapakan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu maupun ICT dalam menggunakan power point atau software yang lain. Langkah-langkah pembelajaran dengan metode picture and picture yaitu guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Kemudian, guru menyajikan materi sebagai pengantar. Langkah berikutnya, guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi. Setelah itu, guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Lalu guru menanyakan alasan/urutan gambar tersebut, guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Langkah terakhir guru memberikan kesimpulan/rangkuman.

Baca juga:   Demonstrasi dengan Lidi untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Kelas

Dengan menggunakan metode picture and picture siswa lebih memahami materi daur hidup sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum digunakannya metode picture and picture yang semula hanya 26% siswa yang tuntas pembelajaran, setelah digunakan metode tersebut meningkat menjadi 85% tuntas pembelajaran materi daur hidup. (ti2/ton)

Guru SD N 06 Mulyoharjo Kec. Pemalang Kab. Pemalang

Author

Populer

Lainnya