Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Hobby melalui Course Review Horay

Oleh : Tenang Udi Kristianto, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh seluruh negara di dunia, oleh karena itu belajar bahasa Inggris menjadi kewajiban. Untuk itu siswa perlu belajar bahasa Inggris dengan bersungguh-sungguh. Namun yang terjadi malah sebaliknya, siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Mereka berpikir bahwa belajar bahasa Inggris sulit karena harus menghafal kosakata, dan hal tersebut sudah menjadi momok dalam benak siswa. Maka dari itu guru harus mengubah mindset tersebut dengan mengupayakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. Metode yang dapat diterapkan adalah Course Review Horay (CRH) pada materi Hobby (kegemaran) kelas IV SD Negeri 01 Sawangan.

Hobby dalam bahasa Indonesia berarti kegemaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam mengisi waktu luang dan menimbulkan perasaan senang. Setiap orang di dunia ini pasti memiliki hobby, ada yang suka membaca, menulis, menggambar, maupun berenang. Contoh Vocabulary Hobby yang dipelajari siswa antara lain reading artinya membaca, writing artinya menulis, swimming artinya berenang, singing artinya bernyanyi, dancing artinya menari, playing football artinya bermain bola, cooking artinya memasak, fishing artinya memancing. Kemudian contoh dalam bentuk kalimat misalnya What is your hobby? (apa hobimu?) My hobby is singing (hobiku adalah bernyanyi), What is your sister’s hobby? (apa hobi saudara perempuanmu?) My sister’s hobby is cooking (hobi saudara perempuanku adalah memasak).

Baca juga:   The Role Of Physical Education In Sport And Healty dalam Meningkatkan Nilai Akademik

Menurut Huda (2015: 229) Metode Course Review Horay merupakan metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak ‘horee!!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Metode ini berusaha menguji pemahaman siswa dalam menjawab soal, dimana jawaban soal-soal tersebut dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor. Siswa atau kelompok yang memberikan jawaban benar harus langsung berteriak ‘horee!!’ atau menyanyikan yel-yel kelompoknya.

Adapun langkah-langkah metode CRH adalah: Pertama, guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Kedua, guru menyajikan materi Hobby (kegemaran) dengan tanya jawab. Ketiga, guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, satu kelompok terdiri dari dua siswa. Keempat, untuk menguji pemahaman siswa diminta membuat kartu sesuai dengan kebutuhan. Kartu tersebut kemudian diisi dengan nomor yang ditentukan guru. Kelima, guru membacakan soal secara acak, misalnya soal pertama berbunyi “swimming” dan siswa menuliskan jawaban berupa arti dari kata tersebut didalam kartu yang nomornya disebutkan guru. Keenam, guru dan siswa mendiskusikan soal yang telah diberikan tadi. Bagi pertanyaan yang dijawab dengan benar, siswa memberikan check list (√) dan langsung berteriak ‘horee!!’. Nilai siswa dihitung dari jawaban yang benar dan banyak berteriak ‘horee!!’. Ketujuh, guru memberikan reward pada kelompok yang memperoleh nilai tertinggi.

Baca juga:   Metode Cooperatif Learning It’s Ok untuk Semua Mata pelajaran

Metode CRH diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukkan kelompok kecil, dan mengubah suasana pembelajaran didalam kelas menjadi lebih menyenangkan karena diselingi dengan hiburan sehingga siswa merasa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu melalui metode Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan Vocabulary Hobby siswa. (ce5/ton)

Guru Kelas SD Negeri 01 Sawangan, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya