Kartu Kata Permudah Belajar Pertumbuhan Manusia

Oleh : Tri Widiastuti, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dikaitkan dengan pembelajaran, media dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Azhar (2011) mengatakan media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

Pada jenjang SD kelas III materi perkembangan dan pertumbuhan manusia, siswa diajarkan untuk mengenal ciri-cirinya. Karena selama ini peserta didik SDN 02 Wringinagung, Kecamatan Doro jika diajak belajar siswa kurang tertarik. Terlihat dari banyak siswa bermain-main dan nilai ulangan yang rendah.

Media sangat dibutuhkan sebagai alat pendukung pembelajaran, selain metode yang diterapkan oleh guru. Pengertian media pembelajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan.

Baca juga:   Reading Guide Tingkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kisah Sahabat Nabi

Ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni yaitu : media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT) memberikan definisi yaitu segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang peserta didik untuk lebih semangat belajar. Contoh media pembelajaran: buku, overhead projector (OHP), televisi, kaset dan lain-lain.

Jenis-jenis media pembelajaran berupa teks, media audio, media visual, media proyeksi gerak, benda-benda tiruan/miniatur, manusia. Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran peserta didik maka penulis menggunakan media. Guna membuat ketertarikan siswa belajar, meningkatkan hasil belajar. Pilihan media tersebut adalah membuat kartu kata.

Alat dan bahan karton dupleks, penggaris, pensil, penghapus, lem kertas atau perekat, majalah, brosur, koran dan lain-lain. Cara membuat kartu kata : pertama, buat pola pada karton duplek dengan ukuran 24 x 8 cm, kemudian gunting. Kedua, untuk membuat satu kartu dengan berbagai nama ciri-ciri pertumbuhan pada manusia, kemudian rekatkan dua pola karton yang sudah digunting menggunakan lem, sehingga ukuran kartunya tebal. Ketiga, gunting gambar yang akan ditempel pada bagian depan kartu, yang sudah diambil dari koran atau majalah. Keempat, pada sisi berikutnya, tuliskan nama gambar tersebut. Kelima, rapikan setiap sudut kartu agar tidak terlalu lancip menggunakan gunting. Keenam, ulangi langkah itu sebanyak kartu yang ingin kita buat. Cara memainkannya, kartu ditumpuk bagian gambar berada di atas, siswa diminta untuk mengambil satu kartu. Mintalah untuk membuka bagian belakang dan membaca atau bantu siswa mengeja.

Baca juga:   Menulis Teks Pidato melalui Model Pembelajaran Experiential

Manfaat media pembelajaran itu sendiri di antaranya adalah memberikan pengalaman nyata dan langsung karena siswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya. Menarik perhatian siswa, sehingga membangkitkan minat, motivasi, aktivitas, dan kreativitas belajar siswa. (ce3/lis)

Guru Kelas III SDN 02 Wringinagung, Kec. Doro, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya