WA Absensi Memotivasi Siswa Hadir dalam Pembelajaran Kimia

Oleh : Laela Wihdatul Arifah,S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang lama ini tentu membuat siswa maupun guru kadang menjadi jenuh. Pembelajaran menurut Atwi Suparman (dalam Suparman, 2014) yaitu pengajar dan peserta didik secara bersamaan menciptakan lingkungan termasuk serangkaian tata nilai dan keyakinan yang dianggap penting untuk menyatukan pandangan tentang realitas kehidupan. Dari teori ini pembelajaran tetap menghadirkan pengajar beserta peserta didik dan berkolaborasi dalam mencipatakan kesepatakan tentang apa yang penting agar pada gilirannya mempengaruhi pandangan tentang realitas hidup. Namun pelaksanaan PJJ terkendala tidak bisanya guru bertemu langsung dengan siswa.

Kelemahan PJJ menurut Rusman,dkk ( 2013;271) adalah : 1) listrik padam ketika mengakses program pembelajaran jarak jauh 2) jaringan internet yang buruk,3) komitmen siswa dan orang tua yang tidak menentu, 4) anak lambat belajar, dan 5) anak yang tidak konsisten dengan jadwal belajarnya. Hal ini juga terjadi pada pelaksanaan PJJ MAN 2 Semarang, dimana saat jadwal PJJ yang berlangsung pukul 07.30- 11.30 masih ada banyak siswa yang tidak hadir.

Pelaksanaan PJJ di MAN 2 Semarang menggunakan e-learning sebagai sarana komunikasi dengan siswa dan dikolaborasikan dengan whatsapp. E-learning memuat segala sesuatu administrasi yang harus dibuat guru meliputi : Ki-KD, KKM, RPP, bahan ajar, penilaian KI 3, penilaian KI 4, Computer Base Test (CBT), absensi dan juga video conference menggunakan jitsi. Keaktifan siswa dan guru juga terekam dalam e-learning. Begitu banyak menu yang bisa mendukung pelaksanaan PJJ dengan menggunakan e-learning. Presensi siswa dalam PJJ menggunaan e-learning, namun penggunaan e-learning sangat tergantungan pada koneksi jaringan, kuota dan dan gawai yang dipakai.

Baca juga:   Efektifitas Belajar Fisika dengan Media Whatsapps di Masa Pandemi

Kesulitan mengakses e-learning untuk absen siswa disikapi oleh tim IT MAN 2 Semarang dengan menggunakan whatsapp absensi. Whatssapp absensi digunakan oleh siswa untuk absen dengan mengirim sandi tertentu tergantung sandi masing-masing mata pelajaran yang dibuat oleh guru. Langkah-langkah bagi siswa agar bisa absen menggunakan whatsapp absen adalah sebagai berikut : pertama, mendaftar nomor whatsapp ke nomor whatsapp sistem, kedua setelah mendapat balasan yang menyatakan nomor sudah terdaftar siswa sudah bisa absen menggunakan whatsapp, ketiga siswa absen pada mata pelajaran sesuai dengan jadwal pjj nya. Dengan cara ini memperlancar proses absensi siswa yang kesulitan mengakses e-learning. Sandi untuk masing-masing mata pelajaran berbeda sesuai yang dibuat oleh guru masing-masing mata pelajaran. Misalnya mata pelajaran kimia dengan password “Ilovekimia”. Setelah mengirim sandinya siswa akan mendapat balasan dari mesin absen.

Hasil absen dari siswa baik menggunakan e-learning maupun whatsapp terangkum dalam aplikasi jurnal guru pada portal MAN 2 Semarang. Hasil ini bisa digunakan untuk laporan jurnal harian oleh guru. Dengan demikian guru bisa mendapatkan informasi siwa yang hadir dan yang tidak hadir baik yang menyatakan hadir melalui whatsapp atau e-learning.
Selain memuat daftar nama siswa, saat guru mengakses jurnal harian, jurnal harian juga menghitung persentase kehadiran siswa. Hasil persentase tersebut terkirim ke siswa yang bersangkutan secara otomatis sehari sebelum PJJ minggu depan. Selain itu persentase juga dapat dikirim lewat WhatsApp guru dengan adanya fitur click to chat kepada nomor siswa yang terdaftar. (lbs1/ton)

Baca juga:   Pembelajaran Materi Histologi Asyik dengan Aplikasi Sway

Guru Kimia MAN 2 Semarang Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya