Pemanfaatan Video Tingkatkan Pemahaman Siswa saat PJJ

Oleh : Eni Lestari S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SMPN 1 Ambarawa termasuk sekolah yang menerapkan pembelajaran daring. Sejak surat edaran yang mengharuskan siswa belajar di rumah sekitar akhir Maret, para guru di SMP tersebut memberi penugasan ke siswa setiap minggunya untuk setiap mata pelajaran.

Pada awalnya pembelajaran daring dilakukan pada siswa kelas 9 yaitu dengan melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara online. Kemudian untuk kelas 7 dan 8 diberikan penugasan masing-masing mata pelajaran yang direkap oleh kurikulum lalu di share ke wali kelas melalui whatsapp, dari wali kelas diteruskan ke grup whatsapp masing-masing kelas.

Mengetahui hal demikian, tentu teknologi menjadi kebutuhan primer siswa saat ini khususnya handphone android. Tidak hanya handphone, siswa juga harus memiliki kuota internet agar dapat digunakan untuk mengakses internet. Semua serba memanfaatkan teknologi handphone android. Guru yang tadinya tidak memakai handphone android mau tidak mau harus membeli dan belajar memakai handphone android untuk menunjang pembelajaran jarak jauh begitupun juga siswa.

Beberapa guru ada yang langsung dapat beradaptasi dengan dengan memanfaatkan media lain yaitu google classroom, google drive, e-mail, whatssapp group khusus mata pelajaran yang diampu. Para siswa dapat berdiskusi dengan guru di whatssapp group, namun ada juga yang hanya mengandalkan whatsapp untuk sarana pengiriman tugas.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa dengan Lakonke

Dalam pembelajaran matematika KD 3.6 tentang aljabar. Aljabar merupakan materi matematika baru bagi siswa SMP, aljabar juga merupakan materi prasyarat pada beberapa materi matematika SMP sehingga guru harus memberikan pengantar secara jelas agar konsep anak terbentuk.

Penulis memanfaatkan video pembalajaran dan lembar kerja siswa (LKS) dalam menjelaskan materi aljabar secara daring. Video pembelajaran ini disesuaikan dengan isi dari lembar kerja, dimana siswa menjawab lembar kerja sesuai dari arahan video pembelajaran yang guru buat. Langkah yang dilakukan guru cukup mudah untuk menyiapkan pembelajaran dengan video dan lembar kerja. Guru cukup menyiapkan materi dan mengedit video menggunakan filmora yang sudah dilengkapi fitur-fitur yang sederhana.

Pelaksanaan pembelajaran cukup sederhana, guru tinggal mengunggah video pembelajaran ke youtube. Kemudian, guru menyalin link youtube dan dapat membagikan ke siswa melalui google classroom atau whatsApp. Lembar kerja juga dapat dikirim ke google classroom atau whatsApp. Video yang diunggah di youtube memudahkan siswa dalam mengakses, fitur video dalam youtube sangat memudahkan siswa. Tinggal klik pause apabila pembahasan terlalu cepat. Siswa dapat dengan mudah mengakses melalui handphone masing-masing. Waktu pengerjaan juga lebih longgar, artinya siswa dapat menyimak dan mengerjakan kapanpun.

Baca juga:   Audio Visual Menarik Motivasi Siswa Belajar Iman Kepada Rasul

Keunggulan video pembelajaran dan lembar kerja siswa ini antara lain dapat menghadirkan penjelasan tentang proses pembelajaran matematika. Contohnya pada materi aljabar, guru akan menjelaskan terlebih dahulu unsur-unsur aljabar. Guru dapat memancing siswa dengan menuliskan unsur-unsur aljabar beserta pengertiannya sehingga siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan penjelasan guru, namun mengerjakan lembar kerja yang berisi bagian-bagian rumpang. Dengan kata lain, video sebagai penuntunnya dalam mengisi bagian rumpangnya.

Dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah, siswa dapat melaksanakannya secara aktif dan memiliki catatan. Selain itu, keuntungan lain menggunakan video pembelajaran juga lebih efektif dan instan dalam menyampaikan pesan dibandingkan dengan teks. Hal lain yang ditemukan di lapangan, siswa lebih paham dengan materi yang diberikan oleh guru. Terbukti dari nilai siswa yang meningkat, serta dapat dilihat dari jawaban siswa menunjukkan bahwa ia memahami materi dari guru. Selain itu, minat siswa dalam mengerjakan tugas menjadi bertambah karena siswa menjadi paham dengan materi yang disampaikan oleh guru melalui video pembalajaran berbantu lembar kerja. (lbs1/ida)

Guru Matematika SMPN 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya