Jaring-Jaring Bangun Ruang untuk Peraga Mencari Luas Permukaan

Oleh : Rahmat Purwanto, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas pengajaran. Oleh karena itu, kita sebagai guru dituntut untuk kreatif dan inovatif supaya materi yang kita sampaikan bisa menarik minat siswa belajar dan mencintai matematika. Karena matematika dianggap pelajaran yang sulit. Salah satu caranya dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dan menarik.

Dengan media pembelajaran anak yang malas mengikuti pelajaran akan lebih aktif dan fokus dengan media. Sesuatu yang abstrak menjadi lebih realistis, disamping itu didalam pembelajaran matematika siswa perlu ditanamkan dasar berhitung yang kuat dan paham (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian). Malasnya siswa mengikuti pelajaran matematika salah satunya kurang memahami dasar berhitung. Guru harus sering memberikan pekerjaan rumah, sebab dengan pekerjaan rumah, siswa otomatis akan belajar, siswa akan mengerjakan tugasnya, siswa yang malas, tidak belajar akan ketahuan.

Siswa sebaiknya dimatangkan terlebih dahulu pengetahuan dasar berhitungnya sebagai modal untuk mengerjakan soal-soal matematika yang semakin sulit di kelas tinggi. Untuk itu dalam pembelajaran matematika yang abstrak sebaiknya diriilkan dengan menggunakan media, alat peraga yang ada di lingkungan sekitar yang relevan.

Ketuntasan materi pelajaran biasanya bisa dilihat dari indikator hasil evaluasi siswa, tingkat penguasaan materi di atas atau sama dengan KKM. Penulis akan memaparkan materi pelajaran matematika Kurikulum 13 di kelas 6 semester 2, KD. 3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya.
Indikator, menghitung luas permukaan bangun ruang. Untuk pembelajaran KD ini,sebaiknya anak diperkenalkan dengan model- model bangun ruang di sekitar siswa atau kalau tidak ada kita membuat bersama siswa, dengan ukuran tertentu.

Baca juga:   Belajar Sistem Pencernaan Menyenangkan melalui Make A Match

Bangun ruang yang dipelajari di kelas V meliputi kubus dan balok sedangkan limas, prisma, kerucut, tabung dan bola dipelajari di kelas VI. Pengertian bangun ruang menurut para ahli adalah suatu benda yang diklasifikasikan dalam ilmu matematika, memiliki volume (isi) dan memiliki 3 komponen penyusun berupa sisi, rusuk, dan titik sudut. Bangun ruang juga disebut bangun tiga dimensi.
Menurut Van Hiele ada tiga unsur utama dalam pembelajaran geometri. Yaitu waktu, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran yang diterapkan. Jika ketiga unsur utama tersebut dilalui secara terpadu akan dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kepada tahapan yang lebih tinggi.

Belajar geometri menurut Van Hiele ada lima tahapan. Yaitu tahap pengenalan bentuk bangun geometri, analisis sifat-sifat dari bangun geometri, pengurutan bangun-bangun geometri yang satu dengan yang lainnya saling berhubungan, deduksi, dan akurasi/rigor (Karso, dkk, 2013).

Langkah pembelajarannya, pertama, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah bangun ruang yang akan kita ajarkan. Kedua masing-masing kelompok diberi tugas membuat jaring-jaring bangun ruang dengan ukuran yang telah ditentukan.

Baca juga:   Strategi Index Card Match Mengatasi Lupa Bacaan Salat

Kita mengamati kerja sama siswa termasuk penyediaan alat, bahan dan prosesnya. Ketiga, setelah jaring – jaring bangun ruang selesai, selanjutnya kita demontrasikan di hadapan siswa satu per satu bangun ruang tersebut. Keempat, siswa ditunjukkan bangun ruang, kemudian siswa disuruh menuliskan jumlah sisi, jumlah rusuk dan jumlah titik sudut. Kelima, siswa dijelaskan cara menghitung luas permukaan suatu bangun dengan menghitung luas masing-masing sisi kemudian dijumlahkan/dikalikan. Keenam, siswa diberi tugas untuk menghitung luas permukaan suatu bangun dengan mengganti bilangan pada bangun ruang tersebut. Tujuh, siswa diberi tugas menghitung luas permukaan dari gabungan bangun ruang . Dengan media jaring- jaring bangun ruang siswa lebih antusias belajar dan nilai yang didapat lebih meningkat. (pm1/lis)

Guru SDN Tlogopandogan 2 Gajah, Demak

Author

Populer

Lainnya