Team Assisted Individual, Strategi Mengenal Ciri-ciri Masyarakat Modern

Oleh : Titik Juwariyah. S.Pd. SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Siswa sebagai bagian dari makhluk sosial tidak pernah dapat bertahan hidup secara individual. Siswa akan selalu membutuhkan hubungan dan pertolongan orang lain. Begitu pula ketika siswa berada di kelas pada saat proses pembelajaran. Mereka akan membutuhkan ruang untuk saling berbagi dan tukar menukar informasi termasuk pengetahuan tentang materi pembelajaran.

Naluri sosial siswa tersebut seharusnya dapat ditangkap oleh guru untuk merencanakan dan menciptakan model pembelajaran di dalam kelas. Guru dapat menata dan merancang sebaik mungkin proses pembelajaran supaya tidak terjadi kesalahan. Kesalahan dalam proses pembelajaran akan berdampak terhadap perilaku dan sikap siswa, diantaranya menurunnya minat dan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menyenangkan. Siswa dapat dipastikan akan menampilkan sikap yang acuh, bosan dan bahkan membuat keributan di dalam kelas, sehingga mengganggu proses pembelajaran.

Guru disarankan memilih dan memilah model pembelajaran yang bersifat melibatkan semua siswa untuk melakukan interaksi. Pembelajaran kooperatif akan memancing siswa untuk bersikap aktif dan melakukan interaksi dengan semua anggota kelas. Model Team Assisted Individual adalah salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan prinsip pembelajaran kooperatif.

Baca juga:   Asyik Belajar Kisah Nabi dengan Media Film

Menurut Slavin yang dikutip oleh Isjoni, (2009:12) menjelaskan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individual (TAI) adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang terdiri dari 4-6 orang anggota dengan stuktur kelompok heterogen. Arwadi turut mengungkapkan yang diambil dari Suyitno (2006: 6), bahwa Team Assisted Individual adalah model pembelajaran yang berbentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berpikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan.

Penulis sebagai guru SDN 02 Tegalsuruh Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individual di kelas enam materi tentang ciri-ciri masyarakat modern. Tahapan-tahapan dari model pembelajaran ini adalah : Pertama, guru membuat kelompok heterogen dan memberikan bahan ajar berupa modul dan bahan pendukung pembelajaran yang terkait. Guru menempatkan salah satu siswa pada masing-masing kelompok yang memiliki kemampuan dan kepintaran lebih di antara anggota yang lain. Kemudian, siswa belajar kelompok dengan dibantu oleh murid pandai anggota kelompok secara individual, saling tukar jawaban, saling berbagi sehingga terjadi diskusi. Guru melakukan pengamatan dan pendampingan terhadap diskusi yang dilakukan masing-masing kelompok. Menjelang proses pembelajaran berakhir, guru memanggil salah satu anggota kelompok secara random guna mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.

Baca juga:   Penanaman Nilai Karakter melalui Ramadhan Star

Pada akhir pembelajaran, guru memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada kelompok yang terbaik dan dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan materi pembelajaran yang telah dibahas. Guru menyampaikan penguatan terhadap materi sebelum evaluasi dilakukan. Penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individual sangat menolong penulis pada proses pembelajaran, karena minat dan motivasi siswa dapat meningkat dengan spektakuler. (ti4/ton)

Guru SDN 02 Tegalsuruh Kec. Sragi, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya