Pembelajaran IPS Masa Pandemi Terbantu Aplikasi WhatsApp

Oleh : Ary Sofiyanti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Virus korona atau Corona Virus Disease yang melanda dunia sejak awal tahun 2020, mengakibatkan banyak perubahan pola hidup masyarakat khususnya dalam kegiatan berinteraksi sosial sesama manusia. Masyarakat harus benar-benar melaksanakan protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam berinteraksi sosial. Karena mudahnya cara menularan penyakit korona ini, menyebabkan pemerintah membuat kebijakan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan.

Untuk menghambat penularan penyakit korona, dalam bidang pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (Covid -19).

Surat edaran menteri tersebut menjelaskan adanya pembelajaran yang harus dilakukan di rumah siswa masing-masing menggunakan sistem daring (dalam jaringan).

Sistem daring ini menekankan pembelajaran tetap dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik tanpa terbebani menuntaskan seluruh target kurikulum untuk kenaikan kelas maupun untuk kelulusan.

Pembelajaran sistem daring sangat menuntut seluruh guru untuk meningkatkan penguasaannya dalam teknologi informatika. Tanpa penguasaan teknologi guru sulit melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, dimana guru tidak berada di tempat yang sama dengan murid muridnya.

Baca juga:   Ikatan Cinta H2O

Maka, guru harus mampu melakukan kegiatan pembelajaran yang mudah dipahami dan dapat terjangkau oleh siswa dengan berbagai macam pilihan aplikasi sistem pembelajaran.

Di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta kegiatan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid ini menggunakan berbagai macam aplikasi. Seperti Google Classroom, E-learning , K- hoot, Zoom, Google Meet dan masih banyak lagi aplikasi lainnya. Penggunaan aplikasi tersebut tergantung pemilihan guru masing-masing.

Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, biasanya pembelajaran IPS menggunakan aplikasi Classroom dan Zoom ternyata masih banyak siswa yang mengalami kendala terutama dalam hal ketersediaan kuota, sehingga masih banyak siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dan tidak mendapatkan materi yang dampaknya siswa lambat dan enggan mengerjakan tugas tugasnya.

Maka untuk pembelajaran mapel IPS kelas 9, pada materi ekonomi kreatif, guru mencoba menggunakan aplikasi WhatsApp untuk membantu dan memudahkan siswa mengakses materi.

Mengapa guru memilih menggunakan aplikasi WhatsApp karena aplikasi ini sudah sangat familiar bagi siswa siswi. Guru dapat memberikan materi berupa video-video pembelajaran maupun ringkasan materi, yang dengan mudah dapat dilihat dan dipahami siswa tanpa banyak menghabiskan kuota.

Baca juga:   Mudahnya Menulis Teks Eksemplum Menggunakan Media Gambar

Video dan materi yang dishare lewat WhatsApp juga bersifat fleksibel. Dapat dilihat dan disaksikan di mana saja dan kapan saja siswa berada. Bahkan dapat dilihat berkali-kali karena telah tersimpan di memori HP. Ketika ada materi yang kurang paham, siswa bisa bertanya secara langsung kepada guru melalui tulisan di WhatsApp atau voice note. Demikian pula dalam mengerjakan tugas-tugasnya, siswa dapat menyerahkan tugasnya dengan memfoto hasil hasil pekerjaan dan hasil karyanya dan mengirimnya melalui WhatsApp. Hal ini jauh lebih mudah dari pada menggunakan aplikasi Classroom.

Dari pengalaman ini dapat disimpulkan aplikasi WhatsApp sangat membantu baik bagi siswa maupun guru dalam proses kegiatan belajar-mengajar khususnya pada pembelajaran masa pandemi. Meskipun demikian tidak kita pungkiri bahwa semua guru maupun siswa ingin masa pandemi ini segera berakhir. Sebaik apapun pelaksanaan pembelajaran lewat daring tetap lebih efektif dan menyenangkan ketika pembelajaran dilakukan dengan tatap muka secara langsung. (ti1/lis)

Guru SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Author

Populer

Lainnya