Pantau Disiplin Siswa dengan Google Form di Era Pandemi

Oleh : Jazirotul Hikmah, M.Ag

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi ini sekolahan memutuskan pembelajaran dengan jarak jauh (PJJ). PJJ berdampak besar bagi guru atau siswa, terutama disiplin belajar siswa. Disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, siswa dan hukuman guru. Agar dapat tercipta sikap disiplin siswa yang diharapkan, maka ketiga lingkungan tersebut harus saling membantu, menolong, dan kerjasama. Karena masalah pendidikan itu sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, guru atau sekolah, orang tua atau keluarga, dan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar (Suryabrata, 1998:249).

Turunnya disiplin siswa di masa pandemi ini, yaitu guru tidak bisa memantau murid lebih dekat, murid lebih santai dalam kesiapan belajar dan mengerjakan tugas. Murid bangun lebih siang langsung masuk ke google meet atau zoom dan absensi di sana. Murid pura-pura sakit atau kehabisan kuota apabila terlambat absen dan mengerjakan tugas. Ini merupakan masalah terbesar bagi guru, susah untuk mengetahui murid mana yang benar ada masalah atau hanya berpura-pura untuk tidak mengikuti kegiatan pembelajaran.

Baca juga:   Permudah Belajar Sistem Tata Surya dengan Multimedia

Permasalahan di atas mengarahkan guru PAI SDN Kadipaten Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan untuk beradaptasi terhadap berbagai perubahan dan berinovasi model pembelajaran yang terjadi, seperti proses penilaian dan cara absen. Google form salah satu solusi untuk mempermudah proses PJJ untuk memantau disiplin siswa dalam absensi pagi dan menyerahkan tugas.

Google Form adalah salah satu aplikasi berupa template formulir atau lembar kerja yang dapat dimanfaatkan secara mandiri ataupun bersama-sama untuk tujuan mendapatkan informasi pengguna (Tria.M dan Arif.W.P, 2017:185). Aplikasi ini berada dalam penyimpanan Google Drive bersama aplikasi lainnya. Google form dapat diakses secara gratis dan dapat mengumpulkan informasi dari banyak responden untuk berbagai kebutuhan langsung disimpan di spreadsheet secara otomatis. Materi pembelajaran berbentuk video dan soal dapat dikirim langsung, nilai siswa dilihat dengan cepat sehingga remedial dan pengayaan bisa dilaksanakan. Daftar hadir siswa dapat dipantau setiap hari sehingga tidak diperlukan manjat(scrool) ke atas untuk melihat kehadiran siswa.

Penerapan google form dalam absensi siswa SDN Kadipaten Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran PAI, Guru membuat akun google kemudian buka situs google form dan membuatnya, lalu kirim dibagikan ke siswa. Siswa hanya memiliki akun untuk masuk google form. Form ini dibuat dengan dibatasi waktu untuk absen hanya 30 menit dari waktu yang telah ditentukan dan disertai foto kesiapan belajar dikirim melalui google form, kemudian siswa diberi batasan waktu mengumpulkan tugas.

Baca juga:   Mudah Pahami Sistem Tata Surya dengan Rotating Trio Exchange

Google form dapat dijadikan alternatif PJJ karena aplikasi dalam google drive yang mudah diakses bagi guru dan siswa. Pemanfaatan google form dalam PJJ dapat dijadikan solusi berbagai kendala pemantauan disiplin siswa dalam kesiapan belajar dan menyerahkan tugas, walaupun hasilnya kurang maksimal seperti pembelajaran luring. (ti3/ton)

Guru PAI SDN Kadipaten Kec. Wiradesa, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya