Dampak Internet bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Oleh : Mutiah, S. Pd. SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Saat ini internet sangat mendunia dalam kehidupan manusia, terutama pada anak-anak kelas V SDN 02 Tengengwetan. Bagi mereka, internet memang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan banyak tugas, akan tetapi ternyata internet pun membawa pengaruh dari hal-hal yang negatif pada mereka. Apalagi usia anak usia Sekolah Dasar yang belum mempunyai kedewasaan mental, belum matang dalam bertindak dan berpikir, sehingga mudah terseret arus globalisasi. Contoh jaman sekarang anak-anak lebih senang main game berjam-jam dibanding membantu orang tua yang sibuk bekerja. Anak juga lebih asyik menggunakan internet, sehingga tanggap sosialnya menjadi berkurang. Untuk itu penelitian mengenai bahaya internet bagi anak usia Sekolah Dasar penting untuk dilakukan.

Bagaimana dampak penggunaan internet pada anak –anak Sekolah Dasar kelas 5 di SDN 02 Tengengwetan dalam kehidupan sehari-hari? Penelitian ini bertujuan (1) Dapat membantu orangtua menjelaskan penggunaan internet pada usia anak-anak, sehingga dapat dalam mengarahkan anak-anak dalam menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari di rumah. (2) Dapat membantu guru membentuk pribadi yang berkarakter sesuai cita-cita pendidikan nasional yang dirumuskan oleh kemendikbud pada kurikulum 13 yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, ingin tahu, nasionalisme, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli, tanggungjawab dn lain-lain.

Baca juga:   Ayo Kenalilah Lingkungan Sekolah Kita

Di dunia anak-anak saat ini internet nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua anak-anak menggunakan internet dengan baik. Ada anak-anak yang menggunakan internet dengan baik dan ada yang menggunakan kesempatan yang menyimpang sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan masa depannya.

Berdasarkan riset yang mendalam terdapat beberapa dampak penggunaan internet baik dampak positif maupun negatif sebagai berikut:
Dampak positif penggunaan internet adalah (1) Mempermudah anak-anak mencari pelajaran secara cepat. (2) Membantu anak mengatasi keterbatasan waktu dan tenaga. (3) Mengenal budaya yang lebih variatif. (4) Membuka jejaring sosial melalui facebook, twitter, instagram dll. (5) Membuka informasi pekerjaan, pasar dan ekonomi secara luas. Sementara dampak negatifnya adalah (1) Perkenalan yang berbuntut penipuan dan pembunuhan. (2) Perlakuan bullyng melalui media sosial. (3) Muatan konten pornografi yang dapat merusak moral anak. (4) Pelaku kejahatan lebih leluasa. (5) Maraknya kasus penipuan melalu media online (arisan, pinjaman).

Penggunaan internet memang sangat membantu dan meringankan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tetapi internet bagaikan dua mata pisau. Ada sisi positif dan sisi negatif. Oleh karena itu orang tua dan guru mempunyai peran yang sangat penting dalam mengawasi dan mengarahkan anak-anaknya dalam menggunakan internet. Anak-anak di SDN 02 Tengengwetan dapat memilih dan memilah atau selektif tentang konten internet yang positif.

Baca juga:   Outbond Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik

Memang harus ada kolaborasi dalam menanamkan pengetahuan tentang penggunaan internet dengan cara membentangi diri dari hal-hal negatif. Misalnya dengan diberikan gambaran dan contoh-contoh kegiatan yang positif seperti mengaji, berolahraga, membaca dan kegiatan penyaluran baka . Dengan demikian, maka akan teciptalah generasi penerus bangsa yang berkepribadian kuat dan tidak mudah terpengaruh. (gb1/ton)

Guru Kelas V SDN 02 Tengengwetan

Author

Populer

Lainnya