Program Bimbingan Belajar Membantu Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Oleh : Moh. Sarwo Edy, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran siswa di sekolah dapat dinilai berbagai aspek dan kegiatan. Pembelajaran yang kurang menghasilkan prestasi hasil belajar yang diinginkan siswa, merupakan masalah yang perlu dipecahkan. Juga kegiatan pembelajaran yang tidak mampu memandirikan belajar siswa perlu segera dipecahkan.

Kegiatan pembelajaran di kelas dalam suasana yang tidak kondusif yang menimbulkan stres bagi setiap siswa atau gurunya akan menyebabkan siswa kehilangan kemandirian belajar. Sehingga sulit menguasai keterampilan yang sedang dipelajari. Serta mematikan kemampuan sosial siswa seperti kemampuan dalam kerja sama, kepedulian terhadap lingkungan siswa, yang kesemuanya merupakan masalah yang perlu dipecahkan.

Keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Seperti kecerdasan, motivasi, kemandirian belajar, cara guru mengajar, pujian, hukuman dan permasalahan. Pada SMP Negeri 3 Ampelgading permasalahan kurangnya kemandirian belajar siswa paling sering ditemukan. Hal ini terlihat dari kurang semangatnya siswa dalam belajar di kelas. Jadwal belajar yang teratur, konsentrasi belajar kurang. Atau kurang berani tanya jawab dengan guru.

Kemandirian belajar merupakan unsur penting bagi siswa untuk mencapai tujuan dalam belajarnya. Oleh karena itu perlu layanan yang dapat meningkatkan kemandirian siswa untuk belajar yang lebih giat di kelas dengan cara yaitu memberi arahan yang positif untuk menyongsong cita-cita masa depan siswa. Membangkitkan semangat belajar siswa dengan memberikan suasana belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan.

Baca juga:   Penugasan Proyek Tingkatkan Keterampilan Siswa Belajar IPA

Dalam kenyataannya masih ada hambatan yang dihadapi sehingga program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan belum dapat berjalan dengan optimal. Hambatan-hambatan tersebut antara lain kerja sama guru mata pelajaran dan wali kelas dalam program bimbingan belajar kurang optimal, siswa enggan mendatangi ruang bimbingan dan konseling walaupun mereka bermasalah yang serius.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan di SMP Negeri 3 Ampelgading untuk mengatasi hambatan- hambatan tersebut yaitu berusaha mengoptimalkan kerja sama dengan personel sekolah, melalui informasi perlunya layanan bimbingan dan konseling bagi siswa. Guru bimbingan dan konseling memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa serta menyadarkan para siswa mau datang sendiri ke ruangan BK secara suka rela karena kebutuhan.

Hal ini karena sesungguhnya guru bimbingan dan konseling perlu mendapatkan informasi dan umpan balik tentang pelayanan bantuan yang tepat untuk diberikan kepada siswa.

Tindakan kolaboratif oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan guru bimbingan dan konseling, untuk memberikan layanan bimbingan belajar yang paling tepat dan mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa yaitu bentuk program bimbingan belajar. Program bimbingan belajar adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang sangat penting bagi siswa untuk memecahkan kesulitan dalam belajarnya. Program bimbingan belajar di sekolah dimaksudkan juga untuk membantu siswa agar dapat menyesuaikan diri dalam situasi belajarnya, dan meningkatkan kemandirian belajarnya.

Baca juga:   Belajar Luas Bola dengan Kulit Buah

Keberhasilan program bimbingan belajar tersebut dapat dilihat dari siswa yang mampu membuat jadwal. Belajar yang teratur, mempunyai cita-cita, dapat menggali sumber belajar yang ada, serta memiliki kemandirian belajar yang lebih baik dari sebelumnya.

Program bimbingan belajar hendaknya dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh personel sekolah yaitu adanya kerja sama seluruh personel sekolah demi keberhasilan kegiatan bimbingan belajar. Sehingga program bimbingan belajar yang dilaksanakan dapat lebih efektif dan efisien. Program bimbingan belajar tersebut diharapkan dapat membantu para siswa dalam meningkatkan kemandirian belajarnya. (pg2/lis)

Guru SMPN 3 Ampelgading, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya