Moda Daring Puisi dengan Google Classroom

Oleh: Kutripah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEJAK Covid-19 melanda dunia, khususnya di Indonesia, semua aktivitas terpaksa dilakukan dari rumah dengan tagline ‘Stay at Home’. Semua melakukan kegiatan dari rumah dan tidak boleh berkumpul. Sama halnya dalam dunia pendidikan yang secara keseluruhan aktivitas pembelajarannya dilakukan dari rumah melalui online.

Guru dan siswa dipaksa saling berkomunikasi dalam pembelajaran daring melalui berbagai aplikasi online seperti zoom, youtube, whattshap, google classroom dan lain-lain. Misalnya saja dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 01 Harjosari, Kabupaten Pekalongan yang biasanya selalu menggunakan praktek langsung membaca puisi face to face, kini guru hanya bisa memberikan contoh saja di youtube agar bisa di ikuti dengan tata cara membaca puisi yang benar.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dengan KD 3.6 menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan dimulai dengan kegiatan sebagai berikut : kegiatan pembelajaran dibuka dengan menyapa dan melakukan presensi terhadap peserta didik dalam grup whattshap kelas, mengucapkan terima kasih kepada yang sudah hadir serta melakukan presensi dengan menulis nama di grup whattshap kelas, dilanjutkan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa mampu menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis.

Baca juga:   Mudahnya Belajar Klasifikasi Hewan dengan Metode Bernyanyi

Selanjutnya guru mengarahkan siswa-siswa terlebih dahulu via grup whattshap kelas, untuk masuk ke dalam google classroom guna menerima materi yang diberikan. Setelah itu, proses interaksi antara guru yang bersangkutan dengan para siswa terjadi di dalam google classroom.

Guru terlebih dahulu mengirimkan materi kemudian menjelaskan sedikit maksud dan tujuan dari materi tersebut, Kegiatan pembelajaran dalam google classroom dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengakses link youtube yang diberikan guru. Setelah menonton video, guru memberi kesempatan siswa untuk menggali isi dan amanat puisi yang disajikan. Setelah siswa memahami barulah guru memberikan beberapa tugas kepada siswa yang selanjutnya dikerjakan langsung di google classroom. Tugas yang berikan berupa video tentang cara siswa membaca puisi dengan benar. Siswa memvideokan saat membaca puisi kemudian mengirimkannya kepada guru.

Kegiatan pembelajaran penutup guru bersama peserta didik menyimpulkan tentang isi dan amanat puisi yang disajikan. Dilanjutkan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang baru saja dibahas bersama. Pembelajaran diakhiri oleh guru dengan menyampaikan salam dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh siswa

Baca juga:   Belajar Budaya Wewaler Jawa dengan Teknik Gojaq

Dengan adanya pembelajaran daring dengan google classroom materi menggali isi dan amanat puisi yang disajikan dapat saya sampaikan dengan baik. Siswa dapat menangkap dengan jelas isi dari materi dan dapat melakukan langkah-langkah pembelajaran yang saya terapkan. Mereka dapat menggali isi dan amanat puisi yang disajikan dengan baik. (pg2/zal)

Guru SDN 01 Harjosari, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya