Pembelajaran Biologi dengan Bermain Quis Kahoot

Oleh: Ir.Endang Respatiati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERAN guru sebagai motivator dan fasilitator tentunya sangat menentukan keberhasilan pembelajaran, tentu di masa pandemi memberikan tempat agar guru makin kreatif.Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran, yang meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian autentik menilai kesiapan siswa, serta proses dan hasil belajar secara utuh. Oleh karena itulah perlu siasat untuk menjadikan Gadget/HP bukan sekedar mainan tak berguna akan tetapi menjadi sumber untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar bagi siswa. Sesuatu yang menarik dan interaktif sehingga menjadikan pembelajaran menarik dan minat belajar meningkat. Kahoot adalah sebuah aplikasi online yang dipilih penyusun untuk mengembangkan pembelajaran menggunakan gadget/hp.

Bermain Quiz Biologi dengan “Kahoot” bertujuan antara lain :Untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran biologi.Untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran.Untuk mengubah sudut pandang siswa tentang kegunaan lain HP/Gadget.

Alat pelajaran ini didesain untuk memenuhi kebutuhan dalam menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran. Siswa diajak bermain dengan menggunakan gadget/HP masing- masing. Guru sebagai fasilitator hanya memandu siswa dalam menjawab quiz. Siswa akan menjawab soal melalui gadget/HP masing-masing.

Baca juga:   Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Melalui Metode Mind-Mapping

Crow dan Crow (1972) menyatakan ada 3 faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, yaitu; Faktor dorongan atau keinginan dari dalam (inner urges), yaitu dorongan atau keinginan yang berasal dari dalam diri seseorang terhadap sesuatu akan menimbulkan minat tertentu. Termasuk di dalamnya berkaitan dengan faktor biologis yaitu factor yang berkaitan dengan kebutuhan fisik yang mendasar. Faktor motif sosial (social motive), yaitu motif yang dikarenakan adanya hasrat yang berhubungan dengan faktor dari diri seseorang sehingga menimbulkan minat tertentu. Faktor ini menimbulkan seseorang menaruh minat terhadap suatu aktifitas agar dapat diterima dan diakui oleh lingkungan termasuk di dalamnya faktor status sosial, harga diri, prestise dan sebagainya.Faktor emosional (emotional motive), yaitu motif yang berkaitan dengan perasaan dan emosi yang berupa dorongan, motif, respon emosional dan pengalaman yang diperoleh individu

Kahoot adalah media pembelajaran berbasis permainan gratis dalam bidang pendidikan. Media ini diluncurkan pada bulan Agustus 2013 dari Norwegia. Kahoot adalah kuis pilihan ganda atau diskusi dan Survey yang dapat diciptakan oleh siapa saja dan tidak terbatas pada tingkat usia atau materi pelajaran. Dengan menggunakan media Kahoot, guru dapat menampilkan pertanyaan kuis ke layar di depan kelas menggunakan proyektor dan siswa akan diberi waktu +/-30 detik untuk memilih jawaban di laptop, tablet, atau ponsel cerdas-nya masing-masing. Siswa mendapatkan poin untuk pilihan yang benar, dan poin tambahan untuk mengklik lebih cepat.

Baca juga:   Pembelajaran E-Learning Quizizz dalam Analisis Bahasa Teks Esai

Selama periode jawaban, Kahoot mengeluarkan lagu hitung mundur yang menarik. Jawaban pertanyaan siswa dapat ditampilkan didepan kelas baik yang benar dan salah. Selanjutnya, program akan mengkalkulasi rangking kelima siswa teratas berdasarkan poin yang terakumulasi. Kemudahan lain yang ditawarkan Kahoot adalah bagi siswa yang akan mengikuti kuis tidak perlu untuk mendaftar menggunakan email dan membuat account. Cukup mengunjungi website kahoot.it atau bagi pengguna ponsel cerdas dan tablet dapat mengunduh aplikasinya melalui playstore dan masukan kode pin berupa angka yang diberikan guru, maka secara otomatis siswa terdaftar sebagai peserta kuis. Seperti yang diterapkan di SMAN 3 Demak. (kb4/zal)

Guru Biologi SMAN 3 Demak

Author

Populer

Lainnya