Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan

Oleh: Abdul Rosyid, S.Pd. M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DUNIA sedang digegerkan oleh wabah covid 19, dampak dari pandemikcovid 19 ini mempengaruhi seluruh sendi kehidupan terutama di bidang kesehatan yang sampai dengan saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penderita yang terpapat korona atau virus covid 19.

Rumitnyapenaganan virus ini membuat pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan yang sangat ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 Oleh karna itu pemerintah menghimbau pada masyarakat agar menjaga lingkungan yang bersih di sekitarnya dan sering-sering mencuci tangan dan pakai masker karna virus ini penyebarannyamelaui mulut dan tangan, dan selalu menjaga imun tubuh supaya tidak mudah tertular virus Covid-19. Laju penyebaran covid ini sangat cepat sehingga pemerintah memutuskan harus melakukan upaya pembelajaran dari rumah,Pemerintah menyarankan bersekolah dari rumah dengan secara online/daring bagi sekolah/madrasah atau perguruan tinggi di lakukan dari rumah,membuat kelimpungan banyak pihak terutama orang tua.

Peralihan cara pembelajaran ini memaksa berbagai pihak terutama sekolah sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa di tempuh agar pembelajaran dapat berlansung, dan menjadi pilihan adalah dengan memanfaatkan teknelogi sebagai media pembelajaran daring. Sebenarnya tidak masalah namun di masyarakat banyak hal atau faktor yang menghambat seperti hanpone (Hp) tidak semua orang memilik hp android apalagi siswa SMP Negeri 3 Cepiring yang mayoritas orang tua bermata pencaharian sebagai petani dan sebagian sebagai nelayan banyak yang belum mempunyai hp karna banyak keterbatasan, kendala ekonomi selain itu juga masalah jaringan internet, jaringan internet tidak mudah menemukanya karna tidak semua sekolah/madrasah sudah terkoneksi internet

Baca juga:   Kenalkan Budaya Indonesia melalui Video Dokumenter

Di SMP Negeri 3 Cepiring Kabupaten Kendal Pembelajaran daring dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan media sosial Whatsapp masing masing guru mata pelajaran memiliki grup whatsapp menurut mata pelajaran masing masing, dengan anggota siswa dalam kelas agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik meskipun antara guru dengan siswa tidak bertemu tapi masih ada komunikasi antara guru dan siswa.

Mata Pelajaran IPS adalah salah satu mata pelajaran yang memanfaatkan whatsapp karena media whatsaap memiliki kelebihan bahwa guru dapat memberikan materi dalam bentuk file video, audio, power point, dan lainnya dengan mengirimkannya ke grup whatsapp. Tetapi ada beberapa hal yang kita dapat dari covid-19 ini selain pembelajaran daring terutama menjaga kebersihan di lingkungan dan sebagian ada orang tua yang selalu bekerja setiap hari sehingga mereka lupa atau memang tidak ada waktu buat berkumpul dengan anak dan keluarganya,dan karna ada covid -19 ini maka mereka bekerja dari rumah karnahimbaun dari pemerintah walaupun lebih banyak dampak negatif dari pada positif. Semoga covid-19 ini cepat berlalu di bumi Indonesia. (kb4/zal)

Baca juga:   Strategi ATAP dalam Fungsi Manajerial di Masa Pandemi

Guru SMPN 3 Cepiring

Author

Populer

Lainnya