Cara Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh: May Rissa Santie, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, GURU adalah tenaga prosesional di bidang pendidikan yang bertugas mengelola interaksi belajar mengajar. Guru paling tidak harus memiliki dua modal dasar, yakni kemampuan mendesain program dan ketrampilan mengkomunikasikan program itu kepada anak didik. Ali Imron (1995:15) membagi tugas profesional guru menjadi tiga, yakni sebagai pengajar, sebagai pembimbing dan sebagai adminitrator kelas. Sebagai pengajar, guru lebih menekankan kepada tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran. Dalam hal ini guru dituntut memiliki pengetahuan dan ketrampilan mengajar, di samping menguasai materi yang akan diajarkan. Tugas guru dalam membimbing meliputi pemberian bantuan baik yang menyangkut materi pelajaran maupun dalam aspek pembentuk karakter dan transfer nilai. Sedangkan tugas guru sebagai administrator meliputi keseluruhan tugas yang bersifat administratif.

Gambaran tentang guru di atas menunjukkan bahwa tugas guru meliputi berbagai aspek dalam pembelajaran. Salah satu hal mendasar adalah guru harus mampu menampilkan dirinya sebagai pembimbing dan memiliki komitmen tinggi terhadap keberhasilan siswanya. Berkaitan dengan hal tersebut, guru mutlak melakukan bimbingan agar siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas seorang guru memegang peranan penting dalam mewujudkan kompentensi anak didik. Di sinilah relevansi ungkapan yang menyatakan guru lebih utama daripada materi dan metode. Bagaimanapun, guru adalah aktor utama sekaligus sutradara dalam pembelajaran. Guru adalah pihak yang menyampaikan materi, menetukan metode, membentuk suasana belajar, menciptakan kesan, mempengaruhi dan seterusnya. Upaya guru dalam menumbuhkan gairah dan rasa senang dalam diri anak didik, menjadi salah satu penentu keberhasilan pembelajaran.

Baca juga:   Pemanfaatan Google Formulir dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang, sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi dapat dijadikan sarana paling efektif guna mengarahkan anak didik mencapai tujuan dan mengaktifkannya dalam kegiaan pembelajaran. Kami harus selalu berupaya membangun motivasi siswa kelas 5 SDN 01 Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang agar terpacu meraih prestasi yang memuaskan.

Sikap merupakan suatu motivasi karena menunjukkan suatu ketertarikan atau ketidak-tertarikan terhadap suatu obyek. Seseorang yang mempunyai sikap positif terhadap sesuatu akan menunjukkan motivasi yang besar terhadap hal tersebut. Motivasi ini datang dari dalam dirinya sendiri karena adanya rasa senang atau suka serta faktor-faktor subyektif lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh guru guna meumbuhkan motivasi belajar dalam diri siswa, antara lain: menjelaskan arti penting sebuah bidang studi, mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa, antusias dalam mengajar, meyakinkan siswa bahwa belajar bukanlah beban yang menekan. Di samping itu, menciptakan suasana kondusif, memberitahukan dan memeriksa hasil ulangan, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, kompetisi yang sehat dan memberikan hadiah atau hukuman.

Baca juga:   Gallery Walk, Tingkatkan Sikap dan Keterampilan Siswa pada Pelajaran IPA

Kesuksesan seorang guru tidak hanya dilihat dari selesainya kegiatan belajar mengajar di kelas, tetapi juga ditentukan dari sejauhmana pembelajaran tersebut berhasil mewujudkan standar kompetensi yang telah ditetapkan. Faktor penting yang turut menentukan keberhasilan pembelajaran adalah motivasi yang dimiliki oleh anak didik. Semakin besar motivasi belajar siswa, semakin besar pula kemungkinan tercapainya tujuan pembelajaran, demikian juga sebaliknya.

Mengingat pentingnya motivasi belajar siswa, guru harus memberikan perhatian serius pada masalah tersebut. Dalam hal ini, guru dituntut memiliki berbagai cara dan upaya membangun motivasi belajar siswanya sehingga kegiatan belajar mengajar akan berjalan sesuai dengan harapan. (pg2/zal)

Guru SDN 01 Penggarit, Pemalang

Author

Populer

Lainnya