Belajar Tempo dalam Bermain Rekorder dengan Aplikasi Metronome Beats

Oleh: Ria Irawan, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Seni Budaya khususnya pada cabang Seni Musik merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan kepekaan rasa pada indra pendengaran. Kepekaan indra pendengaran di bidang musik perlu dilatih secara langsung dengan bimbingan guru. Pada pembelajaran tatap muka normal tentunya hal tersebut bisa dilakukan sesuai jadwal pelajaran yang sudah ditentukan serta menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia. Sedangkan pada masa pandemi ini, semua sekolah diwajibkan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilaksanakan sesuai dengan kreativitas dan kebijakan masing-masing sekolah. Materi pembelajaran seni musik pada kelas VII semester 2 adalah memainkan alat musik sederhana secara perseorangan.

Alat musik yang digunakan dalam permainan ansambel dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan peran dan fungsinya, yaitu: alat musik melodis; alat musik ritmis; dan alat musik harmonis (Sunardi, 2013, hlm.11) yang tercantum pada Indonesian Journal of Primary (Education Pembelajaran Ansambel Musik untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar, Resa Respati, Ulfah Samrotul Fuadah). Alat musik melodis adalah alat musik yang bisa menghasilkan nada atau melodi dalam lagu. Alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi mengeluarkan tempo irama. Sedangkan alat musik harmonis adalah alat musik yang cara memainkannya dengan perpaduan lebih dari satu nada sehingga menghasilkan harmonisasi bunyi.

Baca juga:   Belajar Tata Surya dengan Video Pembelajaran Lebih Efektif

Rekorder atau sering disebut seruling rekorder merupakan salah satu alat musik melodis yang sederhana dan mudah dimainkan oleh peserta didik. Penulis akan menyampaikan pengalaman mengajar untuk materi memainkan alat musik sederhana secara perseorangan pada kelas VII semester 2 di SMP Negeri 1 Warungasem. Kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), materi disampaikan secara daring asinkron menggunakan video pembelajaran tentang bermain rekorder. Peserta didik jenjang SMP sebagian besar sudah menguasai teknik dasar bermain rekorder karena sudah diajarkan di jenjang sekolah sebelumnya.

Adapun teknik memainkan rekorder dengan mengikuti beat atau ketukan dengan tempo tertentu belum sepenuhnya dikuasai peserta didik. Penulis mengajari tempo dalam bermain rekorder menggunakan aplikasi Metronome Beats, sehingga peserta didik bisa mengunduh aplikasi tersebut di gawainya masing-masing. Langkah-langkah mengunduh aplikasi sebagai berikut : buka aplikasi playstore; ketik pada kolom cari “Metronome Beats”; pilih aplikasi Metronome Beats kemudian pilih instal, pastikan ruang penyimpanan pada gawai cukup untuk menginstal; setelah terinstal pilih tombol buka, maka akan tersaji tampilan metronome digital dengan pilihan tempo mulai dari lambat sampai cepat sesuai dengan keinginan.

Baca juga:   Project Based Learning dalam Pembelajaran Prakarya Berbasis Google Classroom

Latihan tempo pada seruling rekorder dimulai dari tempo lambat dengan tempo 58, 59 dan 60. Tempo bisa ditambahkan sendiri manakala sudah menguasai tempo yang lambat. Begitu seterusnya sehingga seruling rekorder bisa dimainkan dengan mengikuti tempo secara stabil.

Setelah menguasai beat/ketukan/tempo dalam memainkan seruling rekorder peserta didik bisa mengikuti iringan lagu sesuai dengan tempo pada lagu tersebut. Bermain alat musik seruling rekorder harus dengan latihan setiap hari karena alat musik ini membutuhkan koordinasi antara mulut sebagai peniup, tangan yang membuka tutup lubang rekorder sesuai nada, serta mata dalam memperhatikan notasi lagu yang dimainkan.

Keterampilan bermusik bisa diasah di manapun tempatnya dan dalam kondisi bagaimanapun secara mandiri karena dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi pada gawai. Bahkan kita juga bisa berkolaborasi bermain musik dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung. Dengan berbagai kemudahan yang ada saat ini, maka harus dimbangi pula dengan kemauan dan kretivitas yang tinggi supaya bisa bermanfaat pada kehidupan sehari-hari. (pg2/zal)

Guru SMPN 1 Warungasem, Batang

Author

Populer

Lainnya