Mudah Pahami Materi Kegiatan Konsumsi dengan Quantum Teaching

Oleh: Hestin Nurhandayani,S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ekonomi merupakan mata pelajaran terpadu dalam mata pelajaran IPS yang diajarkan di tingkat SMP. Pembelajaran ekonomi termasuk ke dalam rumpun pengetahuan sosial yang tujuannya memberikan pengetahuan masyarakat, serta mengembangkan kesadaran hidup bermasyarakat terkait keidupan individu di bidang ekonomi. Materi kegiatan konsumsi meliputi pengertian kegiatan konsumsi, jenis-jenis barang konsumsi, dampak positif dan negatif perilaku konsumtif, dan factor-faktor yang mempengaruhi konsumsi. Materi kegiatan konsumsi ini tidak hanya mempelajari teori, namun juga merupakan materi aplikasi.

Kegiatan pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan pada KD 3.3 tentang kegiatan konsumsi masih belum maksimal. Kegiatan pembelajaran yang terjadi hanya searah. Siswa terfokus pada guru serta buku pelajaran pada saat guru menyampaikan materi. Pemahaman dan penguasaan materi dari siswa masih kurang dan siswa menjadi bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Akibatnya, hasil nilai pada penilaian harian masih banyak yang belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan memilih model pembelajaran yang menarik.

Model pembelajaran kuantum (Quantum Teaching) merupakan sebuah model yang menyajikan bentuk pembelajaran sebagai suatu “orkestrasi” yang jika dipilah terdiri atas dua unsur pokok, yaitu konteks dan isi. Konteks secara umum akan menjelaskan tentang lingkup lingkungan belajar baik fisik maupun psikhis. Sedangkan konten/isi berkenaan dengan bagaimana isi pembelajaran dikemas untuk disampaikan kepada siswa (Su’ud, 2010:126).

Baca juga:   Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran PPKn

Adapun langkah langkah pembelajaran metode Quantum Teaching adalah sebagai berikut: Pertama, guru menyampaikan tujuan, dan memberikan motivasi kepada siswa. Selanjutnya guru memberikan apresepsi dengan memberikan pertanyaan mengenai kegiatan konsumsi. Kedua, guru memberikan informasi awal tentang pengertian, jenis-jenis barang konsumsi, dampak positif dan negatif perilaku konsumtif, dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi. Kemudian guru menjelaskan materi kegiatan konsumsi, dan dengan bersamaan penjelasan dari guru, siswa dapat menuliskan informasi penting apa saja yang mereka peroleh.

Setelah selesai menjelaskan materi, guru membagi siswa secara acak untuk diskusi kelompok. Pada saat pelaksanaan kerja kelompok siswa dibimbing untuk mengalami sendiri bagaimana menciptakan konsep dengan menggunakan buku paket, dan soal diskusi yang telah tersedia. Sambil mengerjakan soal diskusi, guru memperdengarkan musik instrumentalia agar siswa lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan.

Ketiga, siswa melakukan praktik secara langsung dengan mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru pada lembar jawab, siswa dapat mengumpulkan informasi dan menamai hasil pengamatannya. Keempat, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengerjakan latihan soal. Guru menunjuk kelompok secara acak agar salah satu perwakilan kelompok dapat mendemonstrasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelima, pada tahap ini guru mengulang kembali secara singkat tentang materi kegiatan konsumsi, agar siswa lebih memahami materi tersebut. Terakhir Guru memberikan beberapa hadiah maupun skor nilai tertentu untuk merayakan keberhasilan pembelajaran dari siswa.

Baca juga:   Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Vocabulary dalam Menyusun Teks Deskriptif

Pembelajaran kegiatan konsumsi dengan model pembelajaran Quantum Teaching siswa kelas VII SMP Negeri 2 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan dapat mengembangkan dan melatih sikap, nilai, dan keterampilan siswa. Siswa tidak hanya menghafal materi yang diberikan guru, namun siswa dapat memahami yang dipelajari dan mampu menjawab, serta menyelesaikan pertanyaan dengan baik. Dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 73,2 persen meningkat menjadi 80 persen, dengan demikian indikator keberhasilan telah tercapai dengan baik. (gb1/aro)

Guru IPS SMP Negeri 2 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya