Belajar Bangun Ruang melalui PKS Mirela

Oleh : Winarti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan hak bagi setiap orang, dimana setiap orang mengalami perubahan proses hidupnya. Dimulai sejak lahir dan berlangsung lama atau tersimpan dalam memori.

Belajar merupakan sebuah proses kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup (Eveline dan Hartini, 2011:3). Salah satu ilmu yang sejak lahir dipelajari baik disadari maupun tidak oleh setiap orang adalah matematika. Meskipun mereka kadang mengatakan matematika merupakan pelajaran yang tidak menyenagkan, membuat pusing, sulit, susah dimengerti dan membosankan.

Sebenarnya ketika seseorang belajar matematika yang disampaikan dengan model-model belajar yang tepat, mereka akan menerima dengan mudah. Kreativitas, evektivitas dan rasa menyenangkan dengan sendirinya akan muncul, salah satunya adalah belajar matematika kompetensi dasar bangun ruang melalui pembelajaran kontekstual media realia yang disingkat dengan “PKS Mirela”.

“Pembelajaran kontekstual sebuah pembelajaran yang berorientasi pada penekanan-penekanan makna pengetahuan dan pengalaman melalui hubungan pemanfaatan dalam kehidupan nyata,” (Hari wibowo, 2012:113).

Sejalan dengan pengertian pembelajaran kontekstual, salah satu cara seseorang mendapatkan hasil yang baik ketika belajar matematika materi bangun ruang perlu media real atau nyata baik berupa alat peraga maupun media real di lingkungan sekitar.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Matematika melalui RME

Proses belajar mengajar bangun ruang melalui pembelajaran kontekstual media realia guru mengaitkan materi bangun ruang dengan hal nyata atau real akan mendorong peserta didik membuat pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkannya pada hal real. Lingkungan sekitar merupakan hal real yang dapat digunakan sebagai bahan belajar bangun ruang dengan tetap mengedepankan prinsip, metode dan teknik yang akan digunakan.

Salah satu prinsip, metode dan teknik yang dapat digunakan agar pembelajaran materi bangun ruang berlangsung secara variatif, kreatif, aktif, reaktif dan menyenangkan adalah pengamatan langsung, kerja sama, diskusi, dan projek. Peserta didik belajar secara langsung mengamati benda real yang merupakan bangun ruang berupa kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut dan bola. Pengamatan dapat dilakukan melalui benda-benda yang ada di lingkungan sekitarnya. Harapannya setelah pengamatan peserta didik dapat mengaplikasikan benda yang mereka amati dalam bentuk miniatur melalui penerapan rumus dan materi yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Sedangkan guru dapat mengintegrasikan pembelajaran kontekstual media realia ke dalam materi bangun ruang melalui langkah-langkah berikut ini : diawali dengan kegiatan pendahuluan penguatan karakter, penerapan indikator sikap, memberikan apresepsi, memberikan prites dan kegiatan lain sebagai penjabaran prinsip keterkaitan. Dilanjutkan kegiatan inti. Guru memberikan materi secara singkat kemudian menyampaikan rencana kegiatan yang dilakukan oleh setiap kelompok untuk mengamati benda di sekitar sesuai tema yang didapatkan. Peserta didik berdiskusi menyelesaikan tugas mulai dari mengamati, mengelompokkan, menerapkan, membuat, menyimpulkan sampai dengan mengomunikasikan hasil tugas kelompok mereka sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator.

Baca juga:   Pengembangan Materi Digital dengan Canva dan Flipbook

Diakhiri dengan kegiatan penutup guru memberikan umpan balik berupa penyelesaian soal sebagai penilaian proses dan hasil baik secara kelompok maupun individu.

Sebagai langkah terakhir setelah guru mengintegrasikan pembelajaran kontekstual media realia ke dalam materi bangun ruang perlu dilakukan tindak lanjut. Kegiatan tindak lanjut dapat berupa mentransfer pengetahuan (transfering), pemberian pengayaan, dan remedial (remedial and enrichment) (Gafur, 2003:7).

Melalui PKS Mirela, peserta didik lebih bergairah mempelajari materi bangun ruang. Bisa bekerja sama, mengeluarkan kreativitasnya, saling menunjang dalam kegiatan pembelajaran, menyenangkan dan tidak membosankan. (pm1/lis)

Guru Matematika SMP Negeri 6 Temanggung

Author

Populer

Lainnya