Streaming Facebook Solusi Pembelajaran di Kelas Rendah pada Masa Pandemi

Oleh : Aan Abdul Hakim S.Pd M.S

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 berdampak pada lumpuhnya seluruh sektor ekonomi, dan pariwasata. Tak terkecuali dunia pendidikan di Indonesia. Pendidikan tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Pembelajaran di kelas rendah adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik melalui sumber belajar di suatu lingkungan yang mempunyai karakteristik konkret. Proses pembelajaran ini harus dirancang oleh pendidik sehingga kemampuan, bahan ajar, proses belajar, dan sistem penilaian sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik khususnya di kelas III, SDN 3 Weleri, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Selain itu, proses pembelajaran harus dikembangkan secara interaktif sehingga semaksimal mungkin target kurikulum tetap terlaksana walaupun di masa pandemi Covid-19. Pastinya melalui solusi yang tepat untuk mencapainya.
Solusi adalah jalan keluar atau jawaban dari suatu masalah. (Munif Chatib:2011) menyatakan, solusi adalah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tanpa tekanan. Maksudnya dengan mengedepankan objektivitas maksimal dalam menentukan solusi. Jika tidak, dikhawatirkan yang didapat bukan solusi terbaik. Berbicara mengenai solusi terbaik yang hubungannya dengan kegiatan tatap muka antara pendidik dan peserta didik pada masa pandemi Covid-19, maka pembelajaran melalui video Live Streaming di media sosial Faceebook adalah salah satunya.

Baca juga:   Belajar Menulis Iklan lebih Asyik dengan Metode Discovery Learning

Terdapat beberapa pengertian streaming yang dapat dipahami, pertama, proses pengiriman konten audio atau video yang dikirim melalui internet dalam bentuk yang sudah terkompres dan dimainkan langsung tanpa pengunduhan. Kedua, proses mentransfer data dari server kepada host dimana data merepresentasikan informasi yang disampaikan langsung. Data ini berupa video, audio, grafik, web tours atau aplikasi real time lain. Dapat disimpulkan berdasarkan dari dua definisi di atas bahwa Live Streaming di media sosial Faceebook adalah proses transfer data dari satu pengguna ke pengguna lain dengan tidak melakukan pengunduhan dan secara langsung ditampilkan di media sosial Facebook.

Sehubungan dengan karakteristik pembelajaran di kelas rendah dalam hal ini kelas III SDN 3 Weleri, yang bersifat konkret, maka solusi Live Streaming di Faceebook pada masa pandemi Covid-19 ini memungkinkan. Pertama, mengurangi anak-anak berkumpul dan berkerumun atau saling interaksi satu sama lain yang hal tersebut dapat mencegah terciptanya klaster baru penularan Covid-19.

Kedua, di dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pendidik memperagakan alat peraga dengan maksimal sehingga secara konkret dapat langsung dilihat oleh peserta didik. Ketiga, pembelajaran tetap berjalan sehingga target kurikulum dapat terlaksana meskipun tidak maksimal. Keempat, empati orang tua peserta didik terhadap pendidik semakin tinggi dikarenakan akan merasakan bagaimana sulitnya mendidik anak-anak dengan harus mendampinginya dalam proses pembelajaran maupun pengerjaan tugasnya. Kelima, perhatian orang tua terhadap anak-anaknya menjadi lebih tinggi yang hal tersebut akan semakin mendekatkan hubungan mereka secara psikis dan sebagainya. (pg1/ida)

Baca juga:   JET Speaking Activities Ampuh Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Guru SDN 3 Weleri, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya