Melalui Bermain Air Tenangkan Anak Usia Dini

Oleh : Maria Rahayu S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BAGAIMANA cara mengatasi kebosanan anak usia dini selama terjadi pandemi Covid-19 ini di rumah? Bagaimana mengembangkan potensi anak usia dengan cara yang menyenangkan dengan kerjasama antara guru dan orang tua? Bermain air adalah jawabannya! Kegiatan ini sangat sederhana, namun memiliki dampak yang luar biasa dan positif terhadap perkembangan anak usia dini.

Sebagai guru, yang diperlukan adalah komunikasi dan kerjasama dengan orang tua anak yaitu meminta orang tua untuk mempersiapkan sebuah bak dari ember atau dari kolam karet, selang, atau semprotan air. Termasuk waktu diluangkan bersama anak. Jika diperlukan, maka dapat menambahkan beberapa mainan lucu kesukaan anak.

Bermain air tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga membantu proses belajar anak dengan peran serta orang tua. Di antaranya, kemampuan memecahkan masalah yaitu saat anak bermain dengan air, mereka akan mempelajari tentang proses sebab akibat. Contohnya, saat orang tua memberikan mainan yang dapat mengambang, anak akan segera mengerti bahwa tidak semua benda besar tenggelam, dan beberapa benda dapat mengambang.

Baca juga:   Permainan Resep Gotong Royong Media Wayang Dongeng dengan Alat Peraga untuk Menceritakan Kembali Isi Cerita Legenda

Kemampuan matematika atau kognitif yaitu anak mempelajari konsep lebih banyak/lebih sedikit, sama/tidak sama, kosong/penuh, banyak/sedikit, mencampur warna dan lain sebagainya. Belajar tentang pengendalian emosi apabila orang tua mandi busa atau shower hangat untuk menenangkan diri, maka anak bisa menenangkan emosinya melalui main air. Kegiatan seperti menyiram, menyipratkan, bermain gelembung sabun akan membantu anak untuk mengekspresikan emosinya.

Mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini adalah meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Mengobrol dengan anaknya tentu bisa dilakukan orang tua di sela-sela aktivitas bermain air. Serta perkembangan kreativitas anak untuk menggunakan imajinasinya, terutama bila acara main air ditemani mainan seru yang lucu. Bermain air juga mendorong anak untuk mencoba ide baru dan mencari solusi. (pg1/ida)

Guru TK Siwi Peni 05 Kota Salatiga

Author

Populer

Lainnya