Laboratorium Maya Solusi Praktikum PJJ Biologi

Oleh : Istanti Yuli Astuti S.S

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BIOLOGI sebagai ilmu dapat diidentifikasikan melalui objek, benda alam, persoalan/gejala yang ditunjukkan oleh alam, serta proses keilmuan dalam menemukan konsep-konsep biologi (Nuryani R, 2015: 27) dalam bukunya Strategi Mengajar Biologi.

Pembelajaran biologi di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta proses pengembangan lebih lanjut dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. Biologi sebagai pembelajaran sains tidak terlepas dari kegiatan praktikum.
Selama ini kegiatan praktikum biologi di SMAN 1 Jetis Bantul sering dilaksanakan di laboratorium sekolah. Dengan adanya pandemi Covid-19, pembelajaran tidak diperkenankan tatap muka, sehingga praktikum juga dilakukan daring. Penulis memanfaatkan laboratorium maya di Rumah Belajar. Yakni, portal pembelajaran resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bisa diakses dengan alamat URL https://belajar.kemdikbud.go.id.

Laboratorium maya merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium nyata yang bisa digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk memahami dan mendalami konsep tertentu.

Cara mengakses fitur laboratorium maya antara lain, pertama, klik link laboratorium maya https://belajar.kemdikbud.go.id. Kedua, daftar sebagai guru, jika siswa daftar sebagai siswa. Ketiga, buka fitur laboratorium maya. Pada fitur laboratorium maya tersedia simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif disediakan juga Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai panduan siswa pada saat praktik dan bahan teori terkait konsep yang akan dipraktekkan.

Baca juga:   Serunya Belajar Application Letter dengan Metode STAD

Langkah-langkah yang harus dilakukan guru untuk memanfaatkan fitur laboratorium maya dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) antara lain, pertama, rencana dan persiapan. Guru membuat rencana dan menganalisis materi, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), kebutuhan media dan sumber belajar, membuat RPP sesuai dengan KD yang akan dipelajari, membuat bahan belajar seperti PPT atau video untuk bahan pembelajaran sebelum siswa melakukan percobaan.

Kedua, pelaksanaan. Guru memulai PJJ dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pengantar materi sebelum siswa melakukan percobaan yang bisa dibagikan melalui kelas maya yang biasa digunakan yaitu google classroom atau WA group. Kemudian guru mengajak siswa melakukan percobaan dengan menggunakan laboratorium maya dan mengarahkan ke alamat web yang diakses siswa yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id dan buka fitur laboratorium maya, pilih materi yang akan dilakukan percobaannya. Percobaan dilakukan mandiri karena siswa di rumah masing-masing. Sebelum dimulai percobaan, LKS diberikan ke siswa untuk panduan dan pengisian data terkait hasil percobaan. Sedangkan hasil percobaan yang tertuang dalam isian LKS dan dibuat laporan praktikum, kemudian dikumpulkan di google classroom atau WA grup sebagai tugas mandiri. Ketiga, evaluasi hasil belajar dilakukan untuk mengetahui capaian tujuan pembelajaran, dan untuk memperbaiki proses pembelajaran berikutnya. Bentuk evaluasinya, tes tertulis dan lembar observasi pada saat diskusi.
Laboratorium maya ini bisa menjadi solusi guru dalam mempraktikkan teori melalui berbagai percobaan yang biasa dilakukan di laboratorium sekolah saat belajar normal dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini disampaikan juga oleh Ati Rosidah (2020) dalam pemanfaatan fitur laboratorium maya.

Baca juga:   Meningkatkan Pemahaman Fisika dengan Discovery Learning

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Gaffar dan Sugandi (2020) menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum virtual (maya) dapat meningkatkan kemampuan proses sains siswa. Laboratorium virtual ini menjadikan siswa dapat mengeksplorasi dan memvisualisasikan konsep pembelajaran secara lebih terperinci dan jelas.

Kondisi pandemi saat ini, laboratorium maya sangat bermanfaat baik untuk guru ataupun siswa. Bagi guru, akan mudah memberikan penjelasan praktikum terkait teori yang disampaikan. Bagi siswa, akan lebih memahami materi, dapat bereksperimen secara luas dengan laboratorium, karena di dalamnya memuat beberapa menu yang banyak fungsinya tidak hanya membedah dan meneliti, namun berbagai kegiatan yang di laboratorium nyata sudah tersedia di dalam laboratorium maya.

Yang terpenting dalam pelaksanaan PJJ, guru dituntut kreatif dalam menyiapkan proses pembelajaran melalui berbagai model pembelajaran interaktif dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Hal ini akan mengurangi tingkat kejenuhan siswa dengan metode belajar yang sama selama PJJ. (pg1/ida)

Guru Biologi SMAN 1 Jetis, Bantul

Author

Populer

Lainnya