Drill Memperlancar Menyelesaikan Matematika

Oleh: Supadmi, S. Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan pelajaran yang selalu dipelajari di sekolah. Bahkan di manapun kita tidak bisa terlepas dari hitung menghitung yang berhubungan dengan matematika. Sehingga kita mau atau tidak mau, suka atau tidak suka harus bisa matematika.

Selama kita sekolah, tidak bisa bebas dari matematika, meskipun dalam kenyataan hidup sehari-hari tidak menggunakan kata matematika tetapi masih tetap selalu menghitung, apapun itu. Untuk memperlancar menghitung dipengaruhi oleh kelancaran menghitung sewaktu sekolah. Sewaktu sekolah kelancaran menghitung ditunjukkan dengan kelancaran dalam mengerjakan soal-soal matematika, mulai dari soal mudah, sedang dan sulit.

Untuk memperlancar mengerjakan soal-soal matematika kita harus sering berlatih mengerjakan soal, dan berulang-ulang dalam berlatih yang biasa disebut dengan drill. Sehingga drill bisa diartikan berlatih berulang-ulang agar bisa lancar. Di dalam matematika biasanya untuk satu pertanyaan dibuat beberapa soal misalnya saja disuruh menentukan luas lingkaran yang diketahui jari-jarinya. Untuk melatih soal itu tentunya tidak hanya satu atau dua soal tetapi lebih dari itu misalnya yang jari-jarinya kelipatan tujuh menggunakan sama dengan dua puluh dua per tujuh, bilangan kelipatan tujuh misalnya tiga setengah, tujuh, empat belas dan sebagainya. Yang jari-jarinya bukan kelipatan tujuh menggunakan sama dengan tiga koma satu empat tentunya bisa membuat beberapa soal untuk drill.

Baca juga:   Mengeksplorasi Batu Kerikil menjadi Sebuah Karya Patung

Pada awal soal matematika itu mudah, kemudian meningkat menjadi sedang dan meningkat lagi menjadi sulit. Kalau di soal mudah sudah di drill, di soal yang sedang sudah di drill hingga lancar diharapkan di soal yang sulit dengan drill juga lancar. Sehingga agar kita lancar dalam mengerjakan soal maka kita harus mengerjakan soal berulang-ulang atau drill soal baik yang mudah, sedang dan sulit. Meskipun untuk matematika soal yang sama itu tidak kemudian soalnya sama persis tetapi soal sama dengan bilangan yang berbeda, untuk bilangan banyaknya tak hingga untuk matematika untuk soal yang sama banyaknya bisa takhingga.

Soal-soal matematika banyak yang berhubugan dengan kehidupan sehari-hari atau bisa dikatakan berhubungan dengan kenyataan. Misalnya menghitung volume kaleng yang berisi susu yang berbentuk tabung yang diketahui jari-jari lingkaran alas dan tinggi kalengnya, serta harga susu perliternya. Maka bisa dihitung harga susu dalam kaleng. Contoh yang lain menentukan volume minyak yang ada dalam tong yang berbentuk tabung, volume air dalam kolam renang yang berbentuk prisma trapesium, dan masih banyak hal yang berhubungan dengan matematika yang bisa di drill dengan soal-soal di dalam kelas atau di sekolah.

Baca juga:   Belajar Membaca Alquran melalui Video WhatsApp

Kalau sudah bisa menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah dalam hal hitung- menghitung diharapkan bisa menyelesaikan tau menghitung masalahnya sendiri. Maksud masalahnya sendiri misalnya dalam berdagang bisa mengetahui maksud untung, rugi, bruto, tara, netto dan bisa menghitungnya sehingga dalam berdagang tidak mengalami kerugian.

Dengan drill soal-soal matematika akan memperlancar menyelesaikan matematika dan diharapkan akan semakin mudah dalam menghadapi penghitungan-penghitungan dalam kehidupan nyata. Sekian. (ti2/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 7 Salatiga

Author

Populer

Lainnya