Supervisi Kunjungan Kelas Meningkatkan Kemampuan Guru

Oleh : Muasiroh, S.Pd., M.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu tugas kepala sekolah adalah merencanakan dan melaksanakan supervisi akademik di satuan pendidikan. Hal ini sesuai dengan Permendiknas Nomor 6 Tahun 2018 pasal 15 ayat 1, “Beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga pendidik”.

Tujuan supervisi untuk membantu guru meningkatkan kemampuan profesionalnya. Mencakup pengetahuan akademik, pengelolaan kelas, keterampilan proses pembelajaran, dan dapat menggunakan semua kemampuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas bagi peserta didik.

Salah satu teknik supervisi akademik adalah supervisi kujungan kelas. Supervisi kunjungan kelas adalah teknik pembinaan guru oleh kepala sekolah sebagai supervisor untuk mengamati proses pembelajaran di kelas. Tujuannya untuk menolong guru mengatasi kesulitan dan masalah di dalam kelas.

Kemampuan guru kurang dalam melaksanakan penilaian pembelajaran pada aspek penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sosial. Guru masih kesulitan dalam merencanakan penilaian, menyusun instrumen soal, pedoman penskoran, mengolah, menganalisis, dan mengintreprestasikan hasil penilaian.

Supervisi dengan teknik kunjungan kelas ini menjadi bahan penelitian tindakan sekolah (PTS) oleh penulis dengan judul “Peningkatan Kemampuan Guru Kelas Dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa Melalui Supervisi Kunjungan Kelas di SDN Sedo 2.”

Baca juga:   Optimalisasi Peran Kepala Sekolah, Efektifkan Pelaksanaan PJJ

Penelitian ini dilakukan kurang lebih tiga bulan. Subjek penelitian adalah guru kelas satu sampai kelas enam. Objek penelitian yaitu peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar.

Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa, aktivitas pembelajaran antara guru dengan siswa dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yaitu, guru dinyatakan meningkat kemampuannya dalam melakukan kegiatan penilaian hasil belajar apabila secara individual memenuhi rentang nilai sama atau lebih 75-84 kategori baik dan secara klasikal apabila minimal 90 persen guru termasuk dalam kategori baik atau baik sekali

Supervisi dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan sesuai jadwal sebanyak tiga kali. Yaitu kegiatan awal (prasiklus), siklus satu, dan siklus dua. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan supervisi kunjungan kelas adalah persiapan, observasi, pasca-observasi, dan tahap tindak lanjut.

Baca juga:   Memotivasi Belajar Siswa melalui Komunikasi dalam Jaringan

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil observasi atau pengamatan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru melaksanakan kegiatan penilaian hasil belajar dari siklus ke siklus.

Pada kegiatan awal nilai rata-rata capaian secara klasikal 56 dengan kategori kurang, meningkat menjadi 74 dengan kategori cukup dan pada siklus kedua menjadi 84 dengan kategori baik. Ketuntasan secara individual dari 3 orang guru kelas atau 50 persen pada siklus pertama meningkat kemampuannya menjadi 100 persen atau 6 orang guru pada siklus terakhir.

Melalui supervisi kunjungan kelas kesulitan dan permasalahan dalam proses pembelajaran dapat diidentifikasi. Dapat diketahui informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan merancang program tindak lanjut untuk pengembangan profesionalsime guru.

Dengan demikian, supervisi adalah bagian dari proses pengembangan profesionalisme guru agar semakin mampu menyediakan layanan belajar yang berkualitas bagi peserta didik. Hasil belajar peserta didik sesuai dengan yang diharapkan. (kb4/lis)

Kepala SDN Sedo 2 Kec. Demak

Author

Populer

Lainnya