Kembangkan Bakat Bermain Musik Menggunakan Gelas Berisi Air

Oleh : Listiono S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN seni budaya dan prakarya (SBdP) adalah pendidikan seni yang meliputi seni rupa, tari, dan seni keterampilan. Pendidikan SBdP di SD mempunyai fungsi dan tujuan untuk mengembangkan sikap, kemampuan dalam berkarya dan bersemangat. Materi SBdP membuat banyak kecerdasan yang bisa didapatkan oleh peserta didik seperti kecerdasan dalam memahami diri sendiri, kecerdasan berimajinasi, kecerdasan bermusik, berbahasa, berlogika, berpikir dan lain-lain. Diperlukan metode yang tepat agar kecerdasan tersebut dimiliki oleh peserta didik karena metode berpengaruh kepada pencapaian kompetensi.

Di masa pandemi Covid-19, tentunya siswa sudah mencapai tingkat kejenuhan teramat dalam, serta keinginan untuk dapat bersekolah dan berkumpul dengan temannya melepas rasa rindu untuk bermain bersama. Untuk itu, guru harus dapat memutar otak bagaimana menyampaikan materi pembelajaran dengan menyenangkan dan menggugah semangat belajar peserta didik walaupun dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Materi pembelajaran bisa diperoleh dari beberapa sumber. Tempat tinggal atau lingkungan merupakan sumber belajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Pengelolaan sumber belajar ini memerlukan kreativitas guru agar pembelajaran menjadi lebih variatif dan menarik minta peserta didik. Harapannya peserta didik memiliki pemahaman yang baik karena memahami sesuatu dilihat dari kreativitas guru.

Baca juga:   Asyik Belajar IPS Sejarah dengan Model Group Investigation

Nah, ketika penulis mengajarkan mata pelajaran SBdP pada kelas 6B SDN 2 Campurejo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, peserta didik diharapkan dapat menyanyikan lagu-lagu daerah dengan iringan musik sederhana. Dengan menyanyikan lagu daerah tentunya dapat melesetarikan kesenian daerah dan peserta didik memahami arti dari lagu daerah tersebut. Manfaat bernyanyi dan bermain musik dapat memicu beberapa bagian otak untuk bereaksi juga dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik. Peserta didik diberi tugas untuk mengirimkan video saat mereka bernyanyi lagu daerah dengan iringan musik sederhana. Di sini peserta didik dapat membuat alat musik sendiri dengan alat dan bahan-bahan yang ada di rumah. Misalnya menyiapkan 5 buah atau lebih gelas dengan bentuk dan ukuran yang sama, air, sendok logam dan pewarna makanan untuk mewarnai air yang akan digunakan nantinya. Dengan bermain yang diartikan sebagai suatu kegiatan atau tingkah laku yang dilakukan anak secara sendirian atau berkelompok dengan menggunakan alat atau untuk mencapai tujuan tertentu (Soegeng Santoso dalam Rani Yulianti, 2012:7).

Baca juga:   Asyiknya Belajar Kisah Nabi Yusuf dengan Metode Picture and Picture

Langkah pertama susun gelas-gelas yang sudah disiapkan dalam sebuah barisan, kemudian isi air pada masing-masing gelas dengan ketinggian yang berbeda-beda dimulai dari yang paling sedikit hingga yang paing banyak. Setelah masing-masing gelas terisi air, tambahkan pewarna makanan di setiap gelas untuk membedakannya. Langkah terakhir adalah dengan mengetukkan sendok ke setiap gelas, dimulai dari air yang airnya paling sedikit hingga yang paling banyak. Di sini peserta didik dapat menentukan tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan. Semakin banyak air akan menghasilkan getaran yang semakin sedikit, sehingga suaranya menjadi rendah dan sebaliknya. Dengan adanya kegiatan merekam video tersebut, peserta didik dapat menambah rasa percaya diri dan bakatnya dalam bernyanyi serta bermain musik. (ti2/ida)

Guru SDN 2 Campurejo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya