Belajar Menganalisa Perubahan Sosial Budaya melalui Media Online

Oleh : Eka Prasetyana, S.Pd.SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu kompetensi dasar mata pelajaran IPS di kelas VI Sekolah Dasar adalah menganalisa perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. Sesuai dengan perkembangan dunia bangsa Indonesia juga mengalami perubahan sosial dan budaya.

Setiap individu atau masyarakat pasti mengalami perubahan, baik perubahan sosial dan perubahan budaya. Perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, nilai, ras, sikap, dan pola perilaku individu di antara kelompoknya. Perubahan budaya adalah perubahan yang terjadi dalam sistem ide yang dimiliki bersama pada berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Sementara perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Ada beberapa bentuk perubahan sosial budaya, yakni: Proses perubahan, dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2016), diawali dari suatu komunikasi dari seseorang atau kelompok lainnya. Pada proses komunikasi terjadi penyampaian informasi tentang gagasan, ide, keyakinan dan hasil budaya yang berupa fisik. Proses perubahan budaya dapat terjadi secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Perubahan yang cepat itu disebut revolusi. Pada perubahan tersebut dapat direncana atau tanpa direncanakan, dijalankan dengan kekerasan atau tanpa kekerasan. Perubahan sosial budaya bisa berlangsung secara lambat dan memerlukan waktu lama. Biasanya perubahan tersebut merupakan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Kisah Nabi Yusuf dengan Metode Picture and Picture

Media Online adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi secara online melalui website dan aplikasi yang hanya bisa diakses dengan internet. Berisikan teks, suara, foto dan video. Pengertian media online secara umum mencakupi semua jenis situs website dan aplikasi, termasuk situs berita, situs perusahaan, situs lembaga/instansi, blog, forum komunitas, media sosial situs jualan (e-commerce/online store) dan aplikasi chattingan. Untuk pembelajaran materi perubahan sosial budaya ini perlu dibatasi hanya menggunakan media mainstream online atau situs-situs berita online seperti www.radarsemarang.jawapos.com dan www.radarpekalongan.com.

Proses pembelajaran secara daring di kelas VI SD Negeri 03 Sijeruk, penulis memulai pelajaran dengan menyampaikan pengertian menganalisa perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. Tanya jawab tentang contoh-contoh perubahan sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat. Selanjutnya guru menjelaskan pengertian media online dan contoh-contohnya yang dapat diakses perangkat handphone atau komputer melalui jaringan internet. Kemudian siswa diberi tugas untuk mencari materi pada situs-situs berita online tersebut. Hasil dari pencarian materi diunduh yang berupa gambar dan tulisan dan dibuat dalam bentuk kliping secara kelompok dalam waktu tiga hari.

Baca juga:   Pembelajaran Sepak Bola Passing Kaki Bagian Dalam melalui Permainan Passboi

Penggunaan media online untuk pembelajaran IPS mempunyai beberapa kelebihan di antaranya: cara kerja penyebaran informasi lebih cepat dan aktual, Informasi atau data lama bisa dibuka kembali dengan mudah sewaktu-waktu, Bentuk konten yang disajikan sangat beragam, yaitu teks, foto, audio, video, dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, serta penggunaannya praktis dan fleksibel. Para pengguna media online bisa saling berinteraksi dan hal ini sangat susuai digunakan untuk pembelajaran materi menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. (ti2/ton)

Guru SD Negeri 03 Sijeruk, Sragi Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya