Padlet Solusi Berkolaborasi dalam Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Siti Jumilati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar Dari Rumah (BDR) istilah yang lain yaitu belajar dalam jaringan atau daring menjadi pembicaraan di dunia pendidikan. Setiap sekolah harus melaksankan pembelajaran dalam jaringan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Coronavirus Disease (Covid-19) yang telah menyebar dan menular ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang berlangsung dalam jaringan dimana guru sebagai pengajar dan siswa yang diajar tidak bertatap muka secara langsung. Menurut Moore, Dickson-Deane, & Galyen (2011) pembelajaran daring menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran.
Penelitian yang dikakukan oleh Zhang et al., (2004) menunjukkan penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merombak cara penyampaian pengetahuan dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional.

Pembelajaran daring memerlukan dukungan perangkat mobile seperti smartphone atau telepon android, laptop, komputer, tablet, dan iphone yang dapat dipergunakan untuk mengakses informasi kapan saja dan di mana saja (Gikas & Grant, 2013). Berbagai media juga dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring. Misalnya kelas virtual menggunakan layanan Google Classroom, Edmodo, dan Schoology dan aplikasi chat seperti whats app, telegram, BIP serta aplikasi belajar lainnya yang dapat dipergunakan guru untuk mendukung belajar dan mengajar jarak jauh ini.
Salah satu aplikasi yang penulis manfaatkan sebagi sarana berkolaborasi dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah aplikasi padlet. Padlet dapat digambarkan sebagai papan pengumuman online. Alat ini dapat digunakan siswa maupun guru untuk memposting catatan pada halaman umum. Catatan yag diposting oleh guru dan siswa dapat berisi link, video, gambar dan file dokumen. Penggunaannya tidak terlalu rumit, cukup dengan mendaftar atau membuat akun di padlet kemudian, membuat “dinding” atau papan pengumuman online sesuai kebutuhan.

Baca juga:   Padukan Model dan Media Kartu Bergambar Jadikan Pembelajaran Efektif

Dinding ini dapat disetel menjadi setelan pribadi atau publik, dengan setiap dinding memiliki pengaturan privasi terpisah. Dinding atau wall pribadi dapat dibuat dengan meminta kata sandi untuk mengaksesnya, atau dengan membatasi akses untuk pengguna yang terdaftar, dengan email tertentu. Sebagai pembuat dinding, guru dapat memoderasi semua catatan sebelum catatan tersebut muncul dan pengaturan privasi agar dapat disesuaikan kapan saja. Pengguna padlet tidak perlu mendaftar untuk mengaksesnya, meskipun disarankan agar guru menggunakannya untuk mendukung proses belajar dan mengajar.

Padlet dapat berfungsi pada perangkat apapun yang mendukung internet, termasuk PC, laptop, tablet, android smartphon dsb. Langkah-langkah berkolaborasi dengan padlet. Pertama, apabila belum memiliki akun, harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara login di web brower kemudian klik www.padlet.com. Dapat mendaftar dengan akun google ataupun facebook. Setelah itu mendaftar dengan akun google ataupun facebook. Berikutnya log in.

Setelah log in akan langsung melihat halaman awal padlet yang di dalamnya terdapat menu, buat padlet, bergabung dengan padlet, gallery dan upgrade (menu berbayar).

Baca juga:   Alternatif Media Pembuatan Poster Dikala Pandemi

Langkah yang ketiga, pilih buat padlet lalu pilih wall atau layout untuk tampilan apadlet. Langkah ke empat mensetting yang pertama yaitu membuat judul padlet. Karena penulis akan berkolaborasi dalam membuat kalimat pasif maka penulis beri judul passive sentense. Dilanjutkan memberikan deskripsi padlet dan setting lainnya seperti ikon dan lain-lain yang sifatnya bergantung pada selera Anda. Langkah yang terahir menposting padlet kita. Tips agar siswa dapat menyesuaikan tampilan padlet kita maka kita bisa memberikan contoh terlebih dahulu.

Berkolaborasi menggunakan padlet mempunyai dampak positif di antaranya menghemat kertas. Tugas bisa langsung diposting dan dapat terlihat oleh siapa saja yang memiliki tautan padlet. Padlet dapat diterapkan pada seluruh mata pelajaran dan yang pasti pembelajaran akan lebih menyenangkan. (pg1/lis)

Guru SMP Negeri 4 Taman

Author

Populer

Lainnya