Liveworksheets Meningkatkan Antusiasme Siswa Belajar PKn

Oleh : Ujianah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu bidang studi yang diberikan untuk siswa sekolah dasar. Pelajaran ini banyak hapalannya. Berdasarkan Kurikulum 2013 di kelas VI untuk pelajaran ini terdapat materi Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai penerapan nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Selama ini pelajaran PKn sering diajarkan dengan metode ceramah. Cara seperti ini sering membuat para siswa bosan dan kesulitan menghapal materi yang banyak terdapat dalam pelajaran tersebut, sehingga guru harus memiliki berbagai alternatif cara atau metode dalam mengajarkan mata pelajaran PKn. Strategi pengajaran PKn agar siswa antusias dapat ditempuh dengan cara yang kreatif yaitu melalui lembar kerja peserta didik dari liveworksheets.

Tujuan penggunaan lembar kerja peserta didik dari liveworksheets yaitu agar siswa dapat mempelajari dan memahami materi tentang Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai penerapan nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari menjadi mudah dan menyenangkan. Lembar kerja peserta didik dari liveworksheets adalah suatu media penilaian dalam pembelajaran yang merupakan produk dari liveworksheets.com.

Baca juga:   Puztaka, Tingkatkan Minat Belajar Siswa tentang Peta Wilayah Kabupaten/Kota

Diharapkan selain mampu menjadi media pembelajaran PKn yang menyenangkan penggunaan LKPD liveworksheets ini juga dapat digunakan pada pelajaran yang lain, khususnya pelajaran yang banyak menggunakan hapalan. Penggunaan LKPD ini cukup mudah, siswa mengerjakan LKPD ini dengan mendapatkan linknya dari guru yang bersangkutan.

LKPD liveworksheets ini menampilkan berbagai model evaluasi terkait materi tentang Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai penerapan nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. yang harus dijawab bagi yang mendapatkan link dari guru. Guru menampilkan soal sejumlah yang dikehendaki dan beberapa alternatif jawaban.
Dari beberapa jawaban tersebut, satu di antaranya merupakan jawaban yang benar. Pada akhir lembar kerja atau pada saat pengguna sudah menjawab semua pertanyaan yang ada maka akan muncul tulisan selesai atau finish dan muncul skor atau nilai dari pertanyaan yang berhasil dijawab.

Adapun langkah-langkah membuat kuis pembelajaran sederhana menggunakan liveworksheets adalah membuat desain soal, memasukkan dalam situs liveworksheets.com, membuat kunci dan skornya.
Penjawab memilih jawaban cukup dengan memilih option jawaban yang disediakan. Soal yang disediakan untuk contoh berjumlah 10 soal maka untuk pilihan benar diberi nilai 10 (jika nilai maksimal 100), sedangkan pilihan salah diberi nilai 0.

Baca juga:   Metode STAD Tingkatkan Karakter Kerja Keras

LKPD liveworksheets ini memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan antusiasme dan kegembiraan mengikuti pembelajaran. Meningkatkan keingintahuan, dan membangkitkan semangat ketika dikerjakan. Kekurangannya untuk soal yang memerlukan jawaban uraian harus dikoreksi secara manual.

Namun dari kelebihan dan kekurangan tersebut LKPD liveworksheets ini sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran PKn kelas VI di SDN 01 Pendowo. Terbukti hasil belajar siswa meningkat, suasana kelas pun lebih hidup dan proses belajar mengajar berlangsung penuh kegembiraan. (pg1/lis)

Guru SDN 01 Pendowo, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya