WhatsApp, Solusi Mudah Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh: Qoriah,S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril dalam pengantar Buku Panduan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama Masa Pandemi Covid-19 menyatakan bahwa dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan, Kemendikbud telah mengambil kebijakan untuk menutup sekolah selama masa pandemi Covid-19. Selama masa penutupan, kegiatan belajar mengajar dialihkan melalui penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Banyak kendala yang dialami baik oleh guru maupun siswa selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Guru mengalami kesulitan dalam mengelola PJJ. Guru mengalami kesulitan dalam memilih media yang cocok agar siswa memahami materi yang disampaikan. Sementara kendala yang dialami siswa adalah banyak siswa yang merasa kesulitan konsentrasi belajar dari rumah, dan kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang efektif, efisien, menyenangkan, dan mudah dipahami siswa, guru dituntut untuk bisa memanfaatkan media yang ada sebagai sarana belajar jarak jauh. Salah satu media yang bisa digunakan adalah aplikasi WhatsApp.

Baca juga:   Penilaian Teman Sejawat Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Berpidato

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa, melainkan koneksi internet. Sedangkan menurut Larasati, dkk (2013), WhatsApp merupakan aplikasi untuk saling berkirim pesan secara instan, dan memungkinkan kita untuk saling bertukar gambar, video, foto, pesan suara, dan dapat digunakan untuk bertukar informasi dan penyebaran informasi.

WhatsApp bisa menjadi salah satu alternatif pilihan media PJJ, karena mempunyai banyak kelebihan, di antaranya: 1)WhatsApp sudah lazim digunakan di masyarakat. Hampir seluruh kalangan dari anak-anak sampai orang tua menggunakan WhatsApp, 2) Cara penggunaannya mudah. Kita hanya cukup mendaftarkan nomor telepon agar bisa menggunakan WhatsApp, 3) Nomor telepon tersinkron secara otomatis. Kita tidak perlu memasukkan kontak teman satu persatu ke WhatsApp karena semua nomor telepon pada smartphone akan otomatis tersinkron dan langsung masuk ke WhatsApp.

WhatsApp juga mempunyai fitur unggulan yang sangat mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Antara lain WhatsApp dapat digunakan untuk mengirim sebuah pesan teks, foto dari galeri atau kamera, video, dan berkas-berkas lainnya.

Baca juga:   Belajar IPS Menyenangkan dengan Teknik BUCA + Reksu

Dalam pembelajaran jarak jauh yang penulis lakukan di SMP Negeri 4 Taman, Kabupaten Pemalang, penulis memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Penulis mengirim materi pembelajaran berupa dokumen maupun video ke WA grup, kemudian mendiskusikan bersama siswa. Siswa bisa menanyakan hal-hal yang belum dipahami, mengemukakan ide-ide, dan siswa lain menanggapinya.

Untuk materi yang memerlukan penjelasan rinci, penulis menggunakan fitur pesan suara. Sebelum mengirim pesan suara, penulis berpesan pada siswa agar membaca materi yang sudah dikirim sebelumnya. Hal ini untuk lebih memudahkan siswa menangkap materi yang dijelaskan lewat pesan suara.

Pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi WhatsApp yang penulis lakukan di SMP Negeri 4 Taman, Kabupaten Pemalang membuat siswa aktif dan antusias. Ini dikarenakan hampir semua siswa sudah sangat familiar dengan WhatsApp, sehingga tidak ada kendala dalam menggunakannya. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran jarak jauh yang tadinya dianggap sulit ternyata menjadi mudah dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. (*)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 4 Taman, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya