Simpelnya Belajar Tema Menjaga Kebersihan Diri dengan Video Animasi

Oleh : Khuzaemah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi seperti ini kebersihan diri sangat penting untuk melawan virus, terlebih lebih dengan virus Covid – 19 yang negara kita hadapi. Yang kita butuhkan untuk melawan virus covid itu hanya meningkatkan imunitas tubuh kita. Salah satunya dengan menjaga kebersihan diri. Akan tetapi masih banyak orang yang meremehkan tentang kebersihan.

Salah satu cara kita sebagai tenaga pendidik untuk membantu melawan virus. Yaitu dengan lebih menekankan pengertian tentang pentingnya kebersihan diri, melalui media belajar yang menarik. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di era 4.0 ini yang mana semua teknologi sudah lebih canggih, sehingga tidak menutup kemungkinan siswa akan lebih tertarik dengan sesuatu hal yang berwarna, bergambar bahkan bergerak seperti media visual. Beberapa kali pembelajaran peserta didik kelas I SDN 06 Kajen, menurunnya kesemangatan untuk belajar. Hal ini yang dikwatirkan penulis berdampak pada ulangan semester. Padahal melihat kondisi sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah menyokong dalam perkembangan media pembelajaran untuk semua muatan pelajaran, yang memudahkan guru-guru dalam menyampaikan materi dan mencapai tujuan pembelajaran.

Baca juga:   Belajar Jenis-Jenis Pekerjaan Lebih Seru melalui Ular Tangga

Maka dengan beberapa masalah diatas seperti kurangnya kesadaran terhadap kebersihan diri dan juga dengan melihat perkembangan teknologi pada zaman sekarang penulis membuat media pembelajaran yang lebih menarik minat dan fokus siswa yaitu dengan melalui video animasi cara menjaga kebersihan diri. Seperti halnya penggunaan video sebagai media pembelajaran yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan, diantaranya adalah video merupakan pengganti alam sekitar dan dapat menunjukkan objek yang secara normal tidak dapat dilihat siswa, video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat dilihat secara berulang-ulang, video juga mendorong dan meningkatkan motivasi siswa untuk tetap melihatnya (Ashar Arsyad, 2011:49).

Tahapan-tahapannya antara lain : Pertama, menyiapkan laptop yang sudah berisi video animasi tentang menjaga kebersihan diri, speker, LCD dan layar proyektor. Kedua, menyampaikan materi yang ingin disampaikan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Ketiga, guru mengkondisikan siswa agar memperhatikan dan menyimak terhadap materi yang ditampilkan di depan kelas. Keempat, guru memutar video yang telah disiapkan. Kelima, guru memberikan beberapa pertanyaan terkait pembelajaran atau video yang telah diputar itu, semacam memberi kuis dan cara menarik dalam pemberian kuis. Bisa membuat kuis sederhana dengan menggunakan Microsoft PowerPoint dengan menggunakan media itu kuis akan lebih menarik. Akan tetapi menarik atau tidak nya sebuah kuis itu sangat bergantung dengan kreatifitas dari setiap guru entah itu dari cara pemilihan warna background atau animasi animasi tambahan yang menarik fokus anak. Keenam, siswa paham tentang pentingnya menjaga kebersihan diri yaitu dengan mengeshare video pembelajaran melalui grup kelas agar siswa bisa memutar kembali pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru saat disekolah dengan didampingi oleh orang tua siswa. Media video animasi yang diterapka penulis dalam pembelajarannya di SDN 06 Kajen untuk menerapkan perilaku menjaga kebersihan diri ternyata dapat merubah sedikit demi sedikit kebiasaan buruk siswa seperti menjaga kebersihan mulut. Dengan menggunakan media video, peserta didik bisa lebih tertarik terhadap kegiatan pembelajaran. (ce3/ton)

Baca juga:   Memahami Makna Bersatu dalam Keberagaman dengan Pembelajaran Kontekstual

Guru Kelas 1 SDN 06 Kajen Kec. Kajen Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya