Metode Inquiry Based Learning Tingkatkan Belajar Komputer dan Gadget

Oleh : Dwi Maulana Saputra,S.Pd.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi covid 19 telah mengubah strategi pembelajaran dari tatap muka menjadi daring, luring dan kombinasi. Atau lebih dikenal pembelajaran jarak jauh. Untuk melakukan perubahan dari tidak tahu menjadi tahu dibutuhkan suasana yang menyenangkan dan membuat antusias belajar meningkat.

Pembelajaran yang berhasil adalah pembelajaran menyenangkan. Metode yang tepat dan media yang menarik sering menjadi kunci keberhasilan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Walaupun mewujudkannya kadang tidak mudah sebagaimana dialami oleh penulis di kelas VII (tujuh) di MTs Negeri 1 Pemalang masih terdapat siswa yang acuh tak acuh dan tampak bosan mengikuti pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hal ini menjadi perhatian penulis untuk menerapkan metode yang dipandang menarik perhatian dan mampu membuat antusias belajar siswa meningkat yaitu metode Inquiry based learning dalam mode daring. Metode ini diterapkan pada materi perangkat keras komputer dan gadget dan fungsinya pada kelas VII (tujuh).

Menurut Gulo (dalam Al-Tabani, 2014: 78), strategi inquiry berarti suatu rangkaian kegatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inquiry merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan ketersmpilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta, melainkan hasil dari menemukan sendiri.

Baca juga:   Model Pembelajaran Gaya Komando Tingkatkan Gerak Spesifik Renang Gaya Bebas

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran pembelajaran dengan metode inquiry based learning dalam materi perangkat keras komputer dan gadget dan fungsinya pada kelas VII (tujuh) sebagai berikut : Pertama, guru mengucapkan salam dan menyapa peserta didik melalui group Whatsapp atau Forum Madrasah E-learning. Kedua, guru menginstruksikan kepada peserta didik agar membaca dan memahami materi perangkat keras komputer dan gadget dan fungsinya melalui link baik google classroom atau Microsoft 365. Ketiga, guru membagikan link video atau Artikel pembelajaran youtube di bahan ajar tentang materi yang akan dipelajari. Keempat, siswa mengamati tayangan video atau artikel dan berdiskusi serta melakukan tanya jawab bersama guru di group Whatsapp atau E-learning. Kelima, guru memancing siswa untuk berpikir kritis dengan memberikan beberapa pertanyaan. Keenam, siswa diajak untuk berpendapat dan menyampaikan pertanyaan di group Whatsapp atau E-learning (forum madrasah). Ketujuh, guru membuat soal tentang perangkat keras komputer dan gadget di video atau artikel pembelajaran. Terakhir, guru akan mengajak siswa untuk membuat kesimpulan bersama-sama.

Baca juga:   Asyik Belajar TIK dengan Flipped Classroom

Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning pada materi pembelajaran perangkat keras dan gadget dan fungsinya, penulis mendapat beberapa manfaat. Di antaranya, pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang. Pembelajaran ini merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman. Keuntungan lain yaitu dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Artinya, siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar. (ce3/ton)

Guru TIK MTs Negeri 1 Pemalang

Author

Populer

Lainnya