Belajar Tembang Gambuh dengan Vidio Tutorial Pembelajaran

Oleh: Temu Wahyu Hermani, S.Pd. SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, TEMBANG gambuh termasuk tembang macapat. Gambuh dalam bahasa Jawa berasal dari kata “jumbuh” yang artinya tepat, sesuai, cocok, sepaham dan bijaksana. Tembang macapat gambuh dapat diartikan sebagai tahapan manusia yang telah bertemu seseorang yang tepat dan sesuai. Kemudian mereka memutuskan untuk menikah setelah bertemu kedua belah pihak dan mendapat restu dari orang tua.

Tembang gambuh juga dapat membahas tema pergaulan secara global. Baik itu pergaulan dengan orang yang lebih tua, teman, tetangga, pasangan atau rekan bisnis agar harmonis. Tembang gambuh mengandung nasihat atau pitutur luhur yang nilai -nilainya akan tetap relevan hingga akhir zaman. Pitutur luhur tembung gambuh yang seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern yang krisis budi luhur seperti saat ini.

Agar pitutur itu bisa diterima oleh oleh generasi muda khususnya siswa, maka diperlukan media pembelajaran yang tepat. Menurut H. Malik (1994), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan.Ada 3 hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran, diantaranya tujuan pemilihan media, karakteristik media, dan alternatif media pembelajaran yang dipilih (Hernawan, 2007:39)

Baca juga:   Mudah Pahami Perpindahan Kalor dengan Metode Resitasi

Penulis memilih vidio tutorial pembelajaran sebagai media belajar tembang gambuh bagi siswa Kelas IV SD Negeri Karanggondang. Video Tutorial Pembelajaran merupakan salah satu presentasi berbentuk video yang mendeskripsikan langkah-langkah untuk mengerjakan tentang sesuatu hal yang berkaitan pembelajaran. Video Tutorial Pembelajaran ini dapat dilihat atau diputar berulang-ulang agar dapat membantu pemahaman dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran ini tepat digunakan di masa pandemiini.Karena dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan biaya. Guru mengirim video ini ke grup WA kelas. Siswa dapat menirukan cara menembangkan tembang gambuh dengan cengkok yang tepat. Vidio dapat diputar berulang-ulang, sehingga siswa lebih leluasa untuk belajar secara mandiri. Orang tua juga bisa membimbing anaknya di rumah. Guru dapat membuat sendiri vidio tutorial pembelajaran.

Ada empat langkah yang harus dilakukan guru dalam pembuatan vidio tutorial pembelajaran. Pertama, guru membuat konsep video tutorial pembelajaran tembang gambuh. Sebelum memutuskan untuk membuat video pembelajaran, ada baiknya untuk membuat konsep. Konsep yang matang ini akan menentukan keberhasilan dari video yang akan dibuat. Kalau video dibuat asal-asalan, materi tidak akan tersampaikan dengan baik

Baca juga:   Trik Sukses Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi

Kedua, mencari bahan video yang sesuai dengan materipembelajaran.Guru bisa membuat sendiri dan mencari bahan yang dibutuhkan.Atau bisa browsing di youtube. Asal memiliki konsep yang baik, video akan mudah dibuat.

Yang ketiga, guru harus belajar mengedit video.Sehingga vidio yang di buat tidak melenceng dari materi. Konten pembelajaran dengan video memang tidak mudah dibuat.Dibutuhkan dedikasi yang tinggi kalau guru ingin membuatnya. Beberapa aplikasi edit video bisa digunakan seperti Adobe Premiere CS6.

Yang keempat, guru mengevaluasi video yang telah dibuat. Setelah membuat video yang dibutuhkan untuk pembelajaran, jangan langsung gunakan. Guru bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu. Evaluasi apa saja yang masih kurang dan harus ditambahkan. Setelah melalui evaluasi dan edit beberapa kali barulah media bisa digunakan.

Penulis menyimpulkan bahwa video tutorial pembelajaran dapat digunakan untuk belajar tembang gambuh. Siswa lebih mudah mempelajarinya karena vidio dapat diputar berulang-ulang. Sehingga kemampuan siswa lebih meningkat. Seperti yang diterapkan di SDN Karanggondang, Kabupaten Pekalongan. (ce4/zal)

Guru SDN Karanggondang, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya