Pembelajaran Daring Efektif dan Menyenangkan dengan Power Point

Oleh : Erna Yuniasih, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah, sehingga guru menggunakan sistem pembelajaran daring atau e-learning. Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional, pembelajaran adalah proses interaksi pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar yang berlangsung dalam suatu lingkungan belajar. Sedangkan pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakan internet di mana dalam proses pembelajarannya menggunakan media elektronik yang mampu memudahkan peserta didik untuk belajar kapanpun dan di manapun. Untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran daring, guru harus menguasai materi dan teknologi informasi untuk menunjang proses pembelajaran.

Pembelajaran daring menggunakan Microsoft Office 365 adalah salah satu media yang di gunakan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dan menyenangkan. Pembuatan materi pembelajaran menggunakan media Power Point mudah digunakan serta berisi berbagai menu yang mempermudah proses pembelajaran daring. Membuat materi ajar menggunakan aplikasi Power Point dengan membuat slide berupa video pembelajaran dari Youtube atau video yang guru buat sendiri sesuai materi yang akan disampaikan, materi pembelajaran, diskusi, review materi pembelajaran dan diakhiri dengan quiz. Hal itu juga penulis terapkan di SD Negeri 1 Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen.

Baca juga:   Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Adapun langkah-langkah pembelajaran daring ini, pertama, peserta didik diminta menyimak video pembelajaran. Kedua, pada pendalaman materi peserta didik diminta untuk memperdalam materi dengan mencari informasi-informasi lain yang berkaitan. Setelah peserta didik menyimak video maka guru harus memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran dengan tujuan untuk melihat sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah disampaikan.

Selanjutnya, setelah peserta didik selesai melakukan diskusi dan presentasi secara daring, guru perlu melakukan review kembali untuk mengukur apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Adapun review dapat dilakukan dengan quiz singkat dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada Microsoft Office 365, kemudian memberikan pertanyaan secara langsung dengan meminta peserta didik memberikan kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran. Isi dari Power Point bukan hanya berisi tulisan-tulisan dari buku peserta didik tetapi menjadi proses pembelajaran secara daring yang efektif dan menyenangkan.

Selain itu, proses pembelajaran daring menggunakan Power Point mampu meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan proses pembelajaran dengan meningkatkan interaksi, dan menciptakan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Jadi, keadaan pendemi Covid-19 secara tidak langsung menuntut guru-guru di Indonesia menjadi melek teknologi informasi. Tak ada pilihan lain, guru sebagai elemen penting untuk mewarnai dan menentukan mutu pendidikan yang diharapkan, harus meningkatkan kompetensi untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Guru di abad 21 harus melek teknologi. (btj2.1/ton)

Baca juga:   Model ATM3 Mengantar Siswa Menjadi Juara

Negeri 1 Adiluhur, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen

Author

Populer

Lainnya