Pembelajaran Berbasis Projek Tingkatkan Kompetensi Chest Pass Basket

Oleh : Eva Mestonariyah S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Berbasis Projek adalah metode pembelajaran yang menggunakan projek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran Berbasis Projek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.

Peran guru dalam pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Projek adalah merencanakan dan mendesain pembelajaran, membuat strategi pembelajaran, membayangkan interaksi yang akan terjadi antara guru dan siswa, mencari keunikan siswa, menilai siswa dengan cara transparan dan berbagai macam penilaian, dan membuat portofolio pekerjaan siswa.

Adapun peran siswa dalam pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Projek adalah menggunakan kemampuan bertanya dan berpikir, melakukan riset sederhana, mempelajari ide dan konsep baru, belajar mengatur waktu dengan baik, melakukan kegiatan belajar sendiri/kelompok, mengaplikasikan hasil belajar lewat tindakan, melakukan interaksi sosial.

Pembelajaran Berbasis Projek dalam teknik dasar chest pass permainan bola basket di Kelas VII SMPN 2 Sragi dilaksanakan sebagai berikut, A) menentukan pertanyaan mendasar yaitu bagaimanakah bentuk permainan menggunakan teknik dasar chest pass permainan bola basket. B) Mendesain perencanaan. Perencanaan bentuk permainan menggunakan teknik dasar chest pass dalam permainan bola basket dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peserta didik. Perencanaan berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas bentuk permainannya, dengan cara mengintegrasikan berbagai subjek, serta mengetahui alat dan bahan untuk membantu penyelesaian projek tersebut. C) Menyusun jadwal. Guru dan peserta didik secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan projek pembuatan bentuk permainan menggunakan teknik dasar chest pass permainan bola basket, yaitu, 1) membuat timeline untuk menyelesaikan projek, 2) membuat deadline penyelesaian projek, 3) membawa peserta didik agar merencanakan cara yang baru, 4) membimbing peserta didik ketika mereka membuat cara yang tidak berhubungan dengan projek, dan 5) meminta peserta didik untuk membuat penjelasan tentang alasan pemilihan suatu cara.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Siswa Melaporkan Berita melalui BAR ATM

D) Memonitor peserta didik dan kemajuan projek. Guru melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan bentuk permainan menggunakan teknik dasar chest pass permainan bola basket. Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi peserta didik pada setiap roses. Agar mempermudah proses monitoring, dibuat sebuah rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang penting. E) Menguji Hasil. Penilaian dilakukan untuk mengukur ketercapaian standar, mengevaluasi kemajuan masing-masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, dan masukan dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya. F) Mengevaluasi Pengalaman. Pada akhir proses pembelajaran guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil bentuk permainan menggunakan teknik dasar chest pass permainan bola basket yang sudah dijalankan dan proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini peserta didik diminta mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menyelesaikan projek. Guru dan peserta didik mengembangkan diskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran.

Pembelajaran Berbasis Projek sangat tepat diterapkan pada materi teknik dasar chest pass permainan bola basket karena sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karateristik mata pelajaran. Pembelajaran Berbasis Projek dapat meningkatkan kompetensi teknik dasar chest pass permainan bola basket di Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Pekalongan. (ti2/ida)

Baca juga:   Meningkatkan Jiwa Nasionalisme dengan Metode Belajar Role Playing

Guru PJOK SMPN 2 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya