Metode Card Sort Tingkatkan Suasana Belajar Menyenangkan TaDik

Oleh : Poedi Jastuti S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SUASANA belajar sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Guru dan peserta didik akan merasa nyaman jika suasana belajar mendukung. Namun terkadang ada hal-hal yang menjadikan suasana belajar kacau. Jika fasilitas gedung sudah bagus, lingkungan sudah bersih, alat dan media pembelajaran sudah terpenuhi, namun suasana pembelajaran di kelas belum bisa menyenangkan. Hal ini perlu direnungkan penyebab suasana pembelajaran tidak hidup.

Bisa jadi, guru dalam pembelajaran menggunakan metode yang monoton yaitu ceramah, tanya jawab, dan tugas saja. Hal ini terjadi di TK Pertiwi Sikayu, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Metode pembelajaran jika kurang tepat menjadikan anak kurang fokus, peserta didik terlihat jenuh, dan pasif. Untuk Mengatasi permasalahan tersebut, guru menggunakan metode Card Sort dengan harapan agar materi dapat diterima dengan baik dan menyenangkan oleh peserta didik (Tadik).

Strategi belajar memilah dan memilih kartu (card sort) adalah strategi dan metode belajar dengan cara memilah dan memilih kartu (card sort). Tujuan strategi ini adalah untuk mengungkapkan daya ingat terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari siswa. Kartu sortir (card sort) adalah suatu kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi.

Baca juga:   Pemahaman Kosa Kata Bahasa Jawa Melalui Bermain Peran

Metode card sort adalah metode yang ditujukan untuk memantapkan pengetahuan siswa dan memahami kategorisasi dari materi pelajaran. Dalam permainan ini, siswa diarahkan untuk mengategorikan informasi yang ada dalam kartu yang dipegangnya sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan oleh guru di papan tulis.

Menurut Melvin L Siberman (2006:169), metode pembelajaran card sort yakni metode pembelajaran yang menuntut siswa dalam memperoleh pengetahuan atau pengalaman belajar melalui kegiatan pencocokan kartu ke dalam kategori-kategori jawaban tertentu. Metode pembelajaran ini berbasis (active learning). Keaktifan siswa menjadikan prioritas utama.

Agar belajar menjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Siswa harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat, dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduknya, bergerak leluasa, dan berpikir keras. Belajar aktif dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga semua siswa dapat mencapai prestasi belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki.

Baca juga:   Meningkatkan Vocabulary dengan Game Kata Berkait

Langkah-langkah metode card sort adalah sebagai berikut, 1) guru menyiapkan kartu permainan dan menyampaian materi yang akan dipelajari. 2) Guru menjelaskan cara bermain card sort kepada peserta didik. 3) Guru membagikan masing-masing peserta didik, kartu yang berisi informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau lebih kategori. 4) Mintalah peserta didik untuk berusaha mencari temannya di ruang kelas dan menemukan orang yang memiliki kartu dengan kategori yang sama. 5) Biarkan peserta didik dengan kartu kategorinya sama menyajikan sendiri kepada yang lain. 6) Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan.

Setelah guru menggunakan metode card sort, guru mudah menguasai kelas, mudah dilaksanakan pembelajaran, mudah mengorganisir kelas, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan siswa lebih akrab bermain dengan teman dibanding pembelajaran sebelumnya. Di akhir pembelajaran, guru menanyakan kegiatan yang dilakukan dan siswa mampu menjawab dengan baik dan siswa terlihat bersemangat mengikuti pembelajaran. (ti1/ida)

Guru TK Pertiwi Sikayu, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya