LKPD Membantu Siswa Pahami Sifat Sifat Bangun Ruang

Oleh: Siti Cholifah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan alat untuk memberikan cara berpikir, menyusun pemikiran yang jelas, tepat, dan teliti. Hudojo (2005) menyatakan, matematika sebagai suatu objek abstrak, tentu saja sangat sulit dapat dicerna anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang mereka oleh Piage, diklasifikaiskan masih dalam tahap operasi konkret. Siswa SD belum mampu untuk berfikir formal maka dalam pembelajaran matematika sangat diharapkan bagi para pendidik khususnya guru mengaitkan proses belajar mengajar di SD dengan benda konkret. Matematika sendiri pada dasarnya mengajarkan logika berfikir berdasarkan akal dan nalar. Namun sifat umummatematika itu abstrak dan tidak nyata karena terdiri atas simbol-simbol. Sehingga secara natural model pembelajaran matematika yang baik adalah secara nyata dengan melihat, merasakan, dan melakukan dengan tangan para siswa. Atau secara konsep bisa diajarkan dengan cara dilihat, dipegang, dan dimainkan, digambar, diucapkan, lalu ditulis.

Di masa pandemi ini perubahan proses pembelajaran tentu berdampak banyak hal, mulai dari berkurangnya intensitas interaksi antar peserta didik, sampai pada tingkat kejenuhan dalam pembelajaran model daring terbukti kurang efektif dalam pembelajaran, dan peserta didik juga kurang memahami materi pelajaran. Dalam memberikan materi tentang sifat-sifat bangun ruang kelas 6 SD Negeri 3 Cepiring Kec. Cepiring Kab. Kendal saya mengunakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).

Baca juga:   Menggali Motivasi Belajar Siswa dengan Ice Breaking

Menurut Trianto (2009:222) lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen atau demonstrasi. Trianto (2009:223) menambahkan bahwa LKPD memuat sekumpulan kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembetukan kemampuan dasar sesuai indikator pencapaian hasil belajar yang ditempuh. Ketika pembelajaran daring via wa saya mengirimkan LKPD untuk peserta didik agar dapat memahami sifat-sifat bangun ruang. Peserta didik antusias belajar daring memahami sifat-sifat bangun ruang. Mereka asyik mencari contoh benda yang berbentuk bangun ruang di sekitar rumah missal kaleng biscuit,tempat tissue dan masih banyak lagi. Kemudian mereka mencari jumlah sisi,rusuk, titik sudut,dan nama bangun datar apa saja yang membentuk bangun ruang tersebut.

Dengan LKPD membantu peserta didik memperoleh catatan tentang materi yang dipelajari melalui kegiatan belajar. Sehingga manfaat LKPD membantu peserta didik menemukan konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar daring dan juga sebagai penuntun belajar selama pandemi. Poin penting yang juga ditekankan perihal penilaian yang diberikan guru kepada peserta didik, menegaskan disuatu pandemi sekarang penilaian harus diberikan guru lebih mengarah ke persoalan kualitas bukan kuantitas. Jadi tugas-tugas itu tidak bisa dinilai seperti biasa, tapi harus lebih banyak bersifat kualitatif, dan guru juga harus memberikan motivasi. (ti2/zal)

Baca juga:   TMT Tingkatkan Kesantunan Berbahasa

Guru SDN 3 Cepiring, Kendal

Author

Populer

Lainnya