Implementasi Buku Catatan PJJ Materi Teorema Pythagoras

Oleh: Yati Arofatun

spot_img

RADARSEMARANG.ID, IMPLEMENTASI merupakan penerapan atau pelaksanaan. Impementasi adalah penerapan ide, konsep, dan kebijaksanaan dalam suatu tindakan sehingga memberikan dampak baik berupa pengetahuan, ketrampilan maupun nilai dan sikap (E. Mulyasa, 2004).

Mata Pelajaran Matematika adalah suatu mata pelajaran yang berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi Al-jabar, Geometri, Logika Matematika, Peluang, dan Statistika.

Buku catatan bukanlah salinan semua isi buku sumber belajar siswa. Akan tetapi buku catatan adalah intisari atau rangkumana materi pelajaran yang diberikan oleh guru disekolah dalam hal ini adalah dalam pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun dalam buku catatan juga terdapat intisari maupun rangkuman materi pelajaran yang diambil dari buku sumber belajar.

Buku catatan pelajaran siswa berperan penting dalam mempersiapkan ulangan disekolah, seperti ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Dengan buku catatan lengkap dan rapi, siswa dapat mempersiapkan ulangan dengan baik dan dapat memahami berbagai materi pelajaran dengan mudah.

Isi buku catatan pelajaran berupa catatan- catatan penting mengenai bahan pelajaran. Hal ini akan mempermudah siswa belajar kembali dirumah saat menghadapi ulangan. Siswa yang rajin mencatat materi PJJ dan memiliki buku catatan yang rapi dan bersih akan membuat betah siswa untuk mengulang kembali dirumah.

Baca juga:   Mendesain Tugas Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi

Buku catatan yang lengkap akan membuat siswa belajar lebih praktis tanpa harus membuka keseluruhan isi buku sumber belajar. kecuali ada bagian- bagian meteri tertentu yang mengharuskan siswa untuk membaca kembali sumber belajarnya yaitu media PJJ baik WA grup, Classroom, atau media yang lain.

Jika siswa malas mencatat materi pelajaran yang diterangkan oleh guru dalam PJJ, tentu saja buku catatan pelajaranya tidak lengkap. Isi buku catatanya banyak yang kososng. Dapat dibayangkan, bagaimana jadinya ketika siswa akan menghadapi ulangan disekolah. Siswa tidak dapat mempersiapkan ulangan dengan baik dirumah. Bahkan siswa jadi malas belajar atau tidak belajar sama sekali, apalagi orang tua siswa lalai dalam mengawasi kegiatan anak dirumah.

Salah satu penyebab rendahnya nilai siswa pada PJJ di SMP Negeri 2 Wonokerto kelas VIII semester 1 adalah kurangnya kesadaran siswa untuk merangkum materi PJJ dalam bentuk buku catatan. Sehingga pada saat ulangan siswa kurang persiapan. Pada awal semester 2 tepatnya materi Teorema Pythagoras guru menekankan siswa dalam PJJ untuk membuat rangkuman materi dalam buku catatan.

Baca juga:   Pembelajaran Induksi Matematika Efektif melalui Trade a Problem

Diantara materi Teorema Pythagoras yang harus ada dalam buku catatan siswa antara lain: Unsur-unsur Teorema Pythagoras, membuktikan kebenaran Teorema Pythagoras, penerapan Teorema Pythagoras, Jenis-jenis segitiga, triple Pythagoras, dan perbandingan sisi-sisi pada segitiga istimewa. Buku catatan materi Teorema Pythagoras harus mencantumkan uraian materi, contoh soal dan jawaban dari latihan soal yang dibahas dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Guru mempersiapkan perangkat penilaian untuk buku catatan siswa karena pada waktu tertentu misalnya setelah ulangan, buku catatan siswa akan diperiksa.

Dengan implementasi pembuatan buku catatan siswa membuat siswa termotivasi mengikuti kegiatan PJJ semaksimal mungkin. Buku catatan pelajaran sangat penting perananya bagi siswa dalam mempersiapkan ulangan di sekolah. (ti2/zal)

Guru Matematika SMPN 2 Wonokerto

Author

Populer

Lainnya