Media Online Solusi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 3 Tuntang

Oleh : Sunaryo

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Memasuki tahun 2020 pada awal semester dua tahun pelajaran 2019/2020 terjadi pandemi Covid-19 di wilayah Indonesia. Untuk mencegah terjadinya penularan secara besar-besaran pemerintah mengambil keputusan meliburkan peserta didik selama 14 hari. Namun keadaan belum membaik. Setelah kegiatan tatap muka di sekolah dihentikan maka pemerintah memperpanjang penghentian kegiatan tatap muka, untuk memberikan hak anak tetap mendapat kesempatan belajar perlu dicarikan solusi.

Dalam situasi darurat dan mendesak para guru memanfaatkan media sosial WhatsApp untuk menjalin komunikasi dan penyampaian kegiatan pembelajaran. Pada penggunaan media WA ini pada praktiknya banyak kendala yang dihadapi. Berupa menumpuknya hasil tugas di dalam HP para guru sehingga butuh solusi media lain agar pembelajaran berlangsung baik dan mudah.

Guru mulai berlatih menggunakan media online Google Clasroom dan Office 365. Dari dua media ini ternyata banyak guru memilih Google Classroom untuk melangsungkan pembelajaran online. Karena merupakan media baru maka para guru harus banyak belajar tentang bagaimana penggunaan media online, dan penyampaian konten yang bervariasi tidak hanya menyampaikan materi berupa artikel kepada peserta didik.

Baca juga:   Pentingnya Pendidikan Karakter di SMK

Para guru mulai merencanakan pembelajaran secara daring dengan merancang materi pembelajaran yang berupa artikel yang disertai penugasan, penggunaan power point, penggunaan video dengan harapan pembelajaran menjadi lebih menarik dan membuat peserta didik merasa senang mengikuti pembelajaran. Dengan penggunaan Google Classroom peserta didik dijadikan anggota kelas sesuai kelas masing-masing misal kelas 9a, kelas 9b, dan seterusnya, guru mengunggah materi pembelajaran berikut tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan pembatasan waktu dengan maksud anak-anak berlatih disiplin mengikuti kegiatan pembelajaran mandiri di rumah.

Sebaliknya peserta didik setelah mempelajari materi diikuti pengunggahan tugas yang telah dikerjakan. Dengan media online google classroom ini guru merasa lebih mudah mengelola pembelajaran masa pandemi Covid-19 ini dibangding ketika awal penggunaan WA grup. Terutama dalam hal mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik yang dapat dilaksanakan di setiap saat dengan tidak membebani media penyimpanan dalam HP.

Tidak seluruh peserta didik dapat mengakses belajar mengajar online karena kendala sinyal operator internet lemah, kerusakan atau belum memiliki HP, kehabisan paket data namun sebagian besar peserta didik mengikuti pembelajaran dan mengirimkan tugas dalam pembelajaran menggunakan media online ini. Ada fasilitas google meet yang mendukung pembelajaran secara online ini namun masih banyak kendala untuk memanfaatkannya berupa keterbatasan paket data yang dimiliki peserta didik. Sehingga perlu dicoba pemakaian secara terbatas untuk mengenal dan memanfaatkan media online ini.
Dengan penggunaan media online google classroom kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 3 tuntang dapat berjalan lebih baik, kendala yang ada pada guru berupa penumpukan tugas pada media penyimpanan HP teratasi. Peserta didik lebih merasa nyaman dan senang dengan model tayangan lebih menarik, guru lebih berkreasi dalam membuat materi pembelajaran.

Baca juga:   Belajar Adjective Asyik dengan WordWall

Dengan demikian media online menjadi solusi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Tuntang agar anak tetap mendapatkan hak untuk belajar walau harus berada di rumah untuk mengurangi penyebaran Covid-19 melalui kerumunan. (bw2/lis)

Guru SMPN 33 Tuntang, Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya